Sidang Paripurna Pengunduran Diri Fatmawati Rusdi Dijadwalkan Pekan Ini

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengunduran diri Fatmawati Rusdi sebagai Wakil Wali Kota Makassar akan dilakukan sidang paripurna oleh Dewan Perkawilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar pada hari Jumat pekan ini.

"Saya terima telepon dari ketua DPRD Makassar pada hari Jumat, pekan ini diparipurnakan," ungkap Fatmawati Rusdi, Selasa (17/10/2023).

Setelah DPRD Kota Makassar mengesahkan permohonan pengunduran diri Fatmawati Rusdi sebagai Wakil Wali Kota Makassar pada sidang paripurna. Maka itu, akan menjadi dasar surat permohonan pengunduran diri ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Di Paripurnakan setelah itu dikirim, secara administrasi. Kami tunggu sampai DCT, ini kan baru bakal calon legislatif (bacaleg). Setelah pengumuman hasil DCT maka dapat dinaytakan sebagai caleg tetap," terang Fatmawati.

Diketahui, Fatmawati Rusdi telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Wali Kota Makassar kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar pada tanggal 2 Oktober 2023.

Alasannya, Fatmawati akan maju pada pemilihan legislatif 2024 mendatang sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari Partai NasDem Sulawesi Selatan Daerah Pemilihan (Dapil) 1 dengan no urut 1.

Di mana, mengharuskan dirinya untuk mundur dari jabatannya sebagai syarat Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif.

Majunya Fatmawati dalam Pileg 2024 merupakan permintaan dari Partai Nasdem. Ia mengaku mendapat perintah untuk maju pada Pileg 2024 dari Partai NasDem pada tanggal 2 Oktober 2023 yang lalu.

Fatmawati mengaku telah meminta izin atas pengunduran dirinya sekaligus berpamitan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat keduanya bertemu di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

"Tanggal 2 Oktober, saya langsung cari bapak (wali kota) ternyata bapak waktu itu di Jakarta juga, jadi saya pending (tunda) pulang dari Jakarta, saya tunggu bapak selesai acara pas terima penghargaan kemarin, sampaikan ke bapak, dan tentunya saya mohon restu sama bapak," tutup Fatmawati. (Shasa/B)

  • Bagikan