Kemenparekraf Gelar Demoday Santri Digitalpreneur pada Peringatan Hari Santri Nasional 2023

  • Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

Pada Tahun 2023, kegiatan Santri Digitalpreneur Indonesia kembali dihadirkan. Masih dengan semangat untuk menghasilkan karya digital yang kreatif, Santri Digitalpreneur 2023 akan memfokuskan para santri bisa menghasilkan Karya Digital berupa Kreatif Video, Video/Foto Produk (advertisement), Podcast (audio maupun Audio dan video). Tema yang direkomendasikan adalah tema yang berkaitan dengan aspek Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Keislaman, Dakwah dan Produk UMKM. 

Format Karya Kreatif Digital dapat berbentuk: 1. Video/Foto Produk (Advertisement) 2. Video Kreatif (Podcast dan Vlog).

Rangkaian kegiatan Demoday dilaksanakan secara offline selama 4 hari di 10 Kabupaten/Kota terpilih, Yaitu Pangkep, Bangkalan, Jombang, Rembang, Bogor, Cirebon, Purwakarta, Magelang, Situbondo dan Serang.

Pelaksaan pelatihan di 10 Kabupaten/Kota terpilih dan menetapkan kelompok terbaik disetiap Kotanya dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang santri, yaitu Pondok Pesantren Wisata Al-Quran, Pangkep, Sulawesi Selatan. Pondok Pesantren Salafiyah Sa'idiyah, Bangkalan, Jawa Timur. Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Hidayatullah, Magelang, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Bogor, Jawa Barat. Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3, Purwakarta, Jawa Barat. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Al-Anwar 4, Rembang, Jawa Tengah. Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten. Pondok Pesantren Al-Shighor Gedongan, Cirebon, Jawa Barat.


Setelah melalui proses seleksi, para santri dari pesantren terpilih akan menjalan rangkaian Demoday. Dimulai dari Bimbingan Teknis Online (11 Oktober 2023), Pembuatan Rencana Konten & Deck Presentasi (12-14 Oktober 2023), Produksi (14-15 Oktober 2023), Editing Video (16-19 Oktober 2023), dan pada puncaknya yaitu Demoday (21 Oktober 2023).

Demoday Santri Digitalpreneur Indonesia 2023 ini, akan memperlihatkan hasil karya video konten kreatif atau video foto produk dengan durasi video 2 menit dan para peserta dari masing-masing kota pun akan mempresentasikan dengan teknik Elevator Pitch dalam durasi 2 menit. Agar para santri bisa menjelaskan karya yang mereka buat bisa dijelaskan secara singkat, padat dan jelas.

Berikut Pemenang pada kegiatan Demoday Satri Digitalpreneur:

Pemenang Karya Terbaik Konten Kreatif
Pesantren Hidayatullah Magelang

Pemenang Karya Terbaik Video+Foto Produk
Ponpes Al Anwar 4 Rembang (fajar online)

  • Bagikan