BCF dan Kadin Indonesia Edukasi Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Cegah TBC di Sulsel

  • Bagikan
Edukasi & skrining Tuberculosis (TBC) pada 300 mahasiswa di STIK Tamalatea Makassar, Selasa 31 Oktober 2023. (foto: Fahrullah)

Setiap lembaga katanya memiliki peran serta kontribusi untuk menuntaskan permasalahan TBC di Indonesia. Edukasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang TBC kepada masyarakat.

"Sampaikan hal yang benar, yang kita tahu mengenai gejala awal TBC, bagaimana penularannya, hingga kebenaran bahwa TBC itu bisa disembuhkan dengan disiplin melakukan pengobatan," harapnya.

CEO MUalla Group ini berharap mitos, stigma, dan diskriminasi terhadap pasien bahkan penyintas TBC dapat diselesaikan.

"Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada seluruh civitas akademika STIK Tamalatea Makassar yang telah membuka tangannya menyambut gagasan skrining TB pada kalangan mahasiswa, untuk menciptakan mahasiswa yang lebih sehat, produktif, dan berprestasi," ujarnya.

Syafruddin Mualla mengatakan bahwa kerjasama ini bagian dari upaya nyata KADIN ikut berkontribusi di bidang kesehatan, khususnya di Sulawesi Selatan.

"Kami dari KADIN Sulsel aktif dalam masalah isu kesehatan global seperti upaya eliminasi TBC. Saat pandemi 2019, KADIN juga turut aktif memberikan edukasi dan membantu memerangi COVID-19," bebernya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang hadir menjelaskan berbagai upaya dalam mengahadapi TBC.

“Berbagai upaya eliminasi TBC terus dilakukan dalam upaya pencegahan, penemuan kasus, baik secara aktif maupun laten, diagnosis, hingga terapi/pengobatan. Saya berharap kegiatan kolaborasi antara BCF dan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi untuk mencapai target eliminasi TBC di Sulawesi Selatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Memang, penyakit TBC merupakan penyakit yang penuh dengan stigma, maka dari itu proses edukasi dan skrining TBC dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, seperti mengadakan sesi permainan edukasi untuk menarik minat mahasiswa mengetahui soal TBC lebih dalam.

  • Bagikan