406 Caleg di Sulsel Berebut 24 Kursi di DPR RI, Siapa Berpeluang?

  • Bagikan
Gedung DPR RI

"Artinya kalau saya lihat di Dapil Sulsel I, ini hanya 5 dari 8 petahana yang bisa bertahan di Pemilu 2019. Kemudian di Sulsel II hanya 6 dari 9 petahana yang kembali (terpilih). Di Sulsel III tidak ada petahana yang terpilih kembali. Itu berdasarkan data Pemilu Legislatif 2019," jelasnya.

Jadi dari data ini, bahwa sebetulnya caleg baru atau petahana sama-sama memiliki peluang yang cukup besar untuk terpilih di Pileg 2024. Karena kalau petahana performancenya jelek atau buruk, itu akan dihukum masyarakat dengan tidak dipilih kembali.

Sedangkan pendatang baru, kalau dia memiliki popularitas yang baik, memiliki track record yang baik. Misalnya mantan kepala daerah atau tokoh masyarakat di sekitarnya ya itu kemungkinan peluang terpilih menjadi anggota DPR RI cukup besar

"Kemudian yang kedua, baik petahana maupun pendatang baru, harus prioritas untuk mengurangi golput. Karena Golput itu menurut data saya itu masih tinggi," jelasnya.

Dijelaskan, sesuai data dimiliki, di Dapil Sulsel I, data Pemilu 2019 ada sekitar 500 ribu peserta pemilih lebih memilih Golput.  Dapil II, golputnya mencapai sebanyak 492 ribu.

"Kemudian di Sulsel III mencapai 332 ribu yang memilih golput, ini belum termasuk pemilih pemula," tuturnya.

Artinya bagi caleg petahana maupun pendatang baru harus fokus juga untuk memberikan kesan yang baik terhadap politik.

Sehingga golput itu bisa dikurangi dan para pemilih pemula itu harus aktif dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos.

  • Bagikan