Kekuatan PAN Dapil Sulsel II: Diuntungkan Kader Kepala Daerah

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sulawesi Selatan sangat berpeluang mempertahankan satu kursi DPR RI daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel II pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Hal tersebut diyakini jika melihat komposisi calon anggota legislatif partai berlambang matahari terbit ini merupakan figur petarung, khususnya Andi Yuliani Paris yang merupakan petahana.

"Adanya komposisi caleg saat ini, kami yakin masih bisa dipertahankan satu kursi," ungkap Sekretaris DPW PAN Sulsel, Andi Jamaluddin Djafar kepada Harian Rakyat Sulsel, Jumat (10/11/2023).

"Gambarnya begini, kami dari tiga dapil, kami optimistis semuanya bisa meraih satu kursi. Terutama di dapil Sulsel II," lanjut Andi Jamaluddin.

Meski demikian, mantan Anggota DPRD Sulsel ini menyebutkan, belum bisa melihat figur yang kuat bisa meraih kursi di Senayan. Karena menurutnya, semua caleg PAN sangat berpotensi meraih suara maksimal, baik itu Yuliani Paris sebagai petahana dan Nurhasan yang dianggap memiliki basis di Maros.

"Diluar dari caleg yang bertarung dapil Sulsel II, kami memiliki kepala daerah di Wajo dan Maros, jadi bagaimana kealihanya mereka bisa meraih suara PAN di semua tingkatan baik itu di DPRD Kabupaten, Provinsi maupun DPR RI," kata Andi Jamaluddin.

Oleh karena itu, lanjtunya, PAN Sulsel mendorong para caleg tersebut bagaimana suara PAN bisa linear di semua tingkatan. "Jadi kerjanya itu Caleg DPRD Kabupaten, Provinsi bisa memberikan dukungan ke Caleg DPR RI dan itu harus tegak kulur semua Caleg paling bawa mensosialisasikan Caleg DPR RI," jelasnya.

Sementara itu, Manajer Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam melihat komposisi caleg PAN di dapil Sulsel 2 DPR RI hanya mampu mempertahan 1 kursi. "PAN masih berpeluang mempertahankan kursinya," katanya.

Dirinya melihat kader ada beberapa Caleg PAN petarung. Selain ada petahan Andi Yuliani Paris, ada juga kandidat penantang. Brigjen TNI (Purn) Agustinus, Nurhasan dan H. Agus Salim.

"Disamping itu, keberadaan kader kepala daerah di Kab. Maros dan Kab.Wajo akan turut memberikan insentif elektoral bagi PAN," pungkasnya. (Fahrullah/C)

  • Bagikan