Gelar Mukerda dan Pelantikan Pengurus Periode 2023-2026, Kakanwil Kemenag Akui Kesthuri Sulsel Bawa Dampak Positif bagi Industri Haji dan Umroh

  • Bagikan
Kesatuan Tour Travel Haji dan Umroh (Kesthuri) Sulawesi Selatan menggelar musyawarah kerja daerah (Mukerda) IV yang digelar di Vasaka Hotel Makassar, Jalan Andi Pangeran Pettarani, Panakukang, Sabtu (18/11). 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kesatuan Tour Travel Haji dan Umroh (Kesthuri) Sulawesi Selatan menggelar musyawarah kerja daerah (Mukerda) IV yang digelar di Vasaka Hotel Makassar, Jalan Andi Pangeran Pettarani, Panakukang, Sabtu (18/11). 

Pada kesempatan ini juga dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus DPD Kesthuri Sulawesi Selatan yang dilantik langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP Kesthuri, Abdul Samad.

Muhammad Sirajuddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kesatuan Tour Travel Haji dan Umrah (Kesthuri) Sulawesi Selatan periode 2023-2026. 

Dengan mengusung tema "Memperkokoh Kemandirian dan Kesejahteraan Anggita KESTHURI dan Ummat".  

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kesatuan Tour Travel Haji dan Umrah (Kesthuri) Sulawesi Selatan Muhammad Sirajuddin mengatakan dibawah kepemimpinannya bersama para pengurus Kesthuri periode 2023-2026 akan menjalankan sejumlah program prestisius. Utamanya, menghadapi era digitalisasi yang ada saat ini.

"Jadi bagaimana Kesthuri bisa menjadi salah satu market digital untuk mengantispasi perkembangan jaman. Itu menjadi program selanjutnya," kata Muhammad Sirajuddin. 

Tak hanya mengikuti perkembangan zaman, Sirajuddin berharap kepengurusan Kesthuri Sulsel periode 2023-2026 ini dapat memberikan manfaat. 

"Kami sangat berharap program yang ada. Semoga kepengurusan tahun ini bermanfaat bagi seluruh anggota di Sulsel," tambahnya.

Sirajuddin menjelaskan jika kepengurusan Kesthuri Sulsel miliki regenerasi yang baik. Pengurus yang ada merupakan para anak muda atau Gen-Z.

"Kami punya visi misi Insyaallah visual kedepan kami di pengurusan anak- anak muda semua, Gen-Z. Ini generasi kedepan DPD Kesthuri memberikan mamfaat kepada seluruh teman pengurus maupun kepada ummat," ucap Sirajuddin. 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni yang turut hadir di Musda Kesthuri ke- IV ini menyampaikan apresiasi atas peran dan kerja keras pengurus Kesatuan Tour Travel Haji dan Umroh yang ikut membantu Pemerintah.

"Kami Kementerian Agama, atas nama kementerian dan pribadi selamat kepada Kesthuri, selamat bemusyawarah, silahkan bermusyawarah apapun itu terkait Kesthuri," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Kharoni, Sabtu (18/11/2023).

Khaeroni dalam sambutanya menjelaskan jika kehadiran Kesthuri membawa dampak positif bagi industri haji dan umroh di Sulsel dan dapat menjadi contoh bagi asosiasi lain.

"Jika sudah berupaya maksimal hasil serahkan kepada allah. Sekali lagi terima kasih bantuan asosiasi telah membantu Pemerintah dalam penyeelengaraan umroh dan haji," ucapnya.

Olehnya itu, ia berpesan kepada pengurus Kesthuri yang baru di lantik untuk melihat perkembangan zaman di era teknologi yang ada saat ini.

"Sekadang ini dunia industri karena teknologi informasi dunia digital, kita harus siap mental," ungkap Khaeroni. 

"Kita ini berasosiasi tergantung pada niat kita, apalakah keuntungan dunia semata atau keuntungan akhirat, saya kira Kesthuri perlu duanya, yakni dunia dapat dan akhirat juga," bebernya. (Shasa/B)

  • Bagikan