Unhas Resmikan Pusat Kolaborasi ‘One Health’ di Kawasan Wallacea

  • Bagikan

“Terbentuknya OHCC Unhas membuktikan adanya keberlanjutan praktik baik program kolaborasi INDOHUN dan Kemdikbudristek, khususnya untuk untuk menggerakkan pendekatan One Health di perguruan tinggi dalam upaya menanggulangi permasalah kesehatan yang memerlukan kolaborasi lintas sektor. Keselarasan kolaborasi antara kalangan akademik di perguruan tinggi dan dunia industri dalam mengimplementasikan One Health harus terus dioptimalkan,” jelas Prof Suning.

Penandatanganan kerja sama Unhas ini dilakukan bersama dengan Indonesia One Health University Network (INDOHUN). Koordinator INDOHUN Prof. dr. Agus Suwandono, MPH., Dr.PH., dalam sambutannya mengharapkan melalui OHCC Unhas, semakin banyak tenaga kesehatan dan calon tenaga kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan yang memahami pentingnya konsep One Health.

Menurutnya, hal tersebut demi menangani bencana non alam seperti zoonosis dan penyakit infeksius emerging. Demi kesiapan calon tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan dalam menangani bencana non alam yang mampu bekerja lintas sektor.

“Kita tidak mengetahui kapan pandemi berikutnya akan terjadi, tetapi pasti terjadi. Keberadaan OHCC UNHAS sebagai OHCC ke-7 di Indonesia diharapkan dapat membantu kawasan menyiapkan sumber daya manusia,” jelas Prof Agus.

OHCC UNHAS merupakan pusat penyedia wadah berjejaring lintas sektor yang mengintegrasikan kesehatan manusia dengan kesehatan hewan, serta kesehatan lingkungan.

  • Bagikan