Unhas Resmikan Pusat Kolaborasi ‘One Health’ di Kawasan Wallacea

  • Bagikan

Pendirian ini digagas oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas bersama INDOHUN di bawah proyek One Health Workforce-Next Generation (OHW-NG) yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

One Health adalah pendekatan terpadu yang bertujuan untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan kesehatan manusia, hewan, dan ekosistem secara berkelanjutan. Konsep ini mengakui bahwa kesehatan manusia, hewan peliharaan dan liar, tumbuhan, dan lingkungan yang lebih luas (termasuk ekosistem) saling terkait erat dan saling bergantung.

Pusat kolaborasi kawasan Wallacea hadir karena wilayah ini merupakan kawasan biogeografis Indo-Malaya Raya dan Australasia yang mencakup sekelompok pulau dan kepulauan di wilayah Indonesia bagian tengah. Sulawesi merupakan pulau terbesar di kawasan ini, disebut sebagai laboratorium terbaik untuk memahami evolusi.

Ini karena pulau tersebut memiliki sekitar 70% mamalia endemik dan seluruh satwa primatanya adalah endemik dan unik. Keunikan ini diiringi dengan sejumlah ancaman yang melibatkan keberlangsungan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. (Yadi/A)

  • Bagikan