Unhas Resmikan Pusat Kolaborasi ‘One Health’ di Kawasan Wallacea

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Hasanuddin meresmikan pusat kolaborasi kawasan Wallacea One Health Collaborating Center (OHCC) dengan menggunakan pendekatan One Health. Peresmian tersebut ditandai melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pukul 09.00 Wita di Ballroom Unhas Hotel and Convention, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar,  Jumat (8/12/2023).

Mewakil Rektor, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., PhD., Sp.BM(K)., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan ungkapan rasa senang dan menyambut baik kehadiran OHCC Unhas. Dirinya mengharapkan, melalui kolaborasi tersebut, akan memberikan dampak besar di kawasan Wallacea.

“Keberadaan OHCC Unhas diharapkan dapat menjadi wadah kolaboratif yang merangkul seluruh cakupan kawasan Wallacea dalam menangani masalah yang ada, seperti kemunculan zoonosis, perubahan iklim, deforestasi, dan lainnya  yang akan berdampak signifikan terhadap ekosistem,” jelas Prof Ruslin.

Wakil Direktur Kantor USAID Indonesia, Erin Nicholson yang hadir pada peresmian mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat, melalui USAID, berkomitmen untuk mendukung inovasi dan kolaborasi sebagai kunci perbaikan ketahanan kesehatan di Indonesia. Menurutnya, OHCC Unhas akan menjadi yang terdepan dalam penguatan ketahanan kesehatan di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., dalam sambutannya mengapresiasi peresmian OHCC Unhas. Dirinya menyampaikan bahwa OHCC UNHAS merupakan pusat kolaborasi ke-7 yang terbentuk di Indonesia.

  • Bagikan