Pangdam XIV/Hasanuddin Pastikan Seluruh Prajuritnya Siap Kawal dan Amankan Pemilu 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen Totok Imam Santoso pastikan pihaknya akan terlibat dalam setiap pengamanan, baik menjelang maupun usai Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 digelar.

Hal itu ditegaskan Totok usai mengadakan agenda silaturahmi dengan awak media dan tokoh pemuda se-kota Makassar di Makodam XIV/Hasanuddin di Jalan Urip Sumohardjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Jumat (8/12/2023) sore.

Dalam kesempatan itu, Totok menggambarkan situasi di wilayahnya, khususnya di Sulsel. Ia mengatakan, kondisi saat ini masih berjalan normal seperti yang diharapkan.

"Kondisi Sulsel sampai saat ini, alhamdulilah kita masih berjalan normal, semua sudah melihat kesadaran yang tinggi," ujar Totok di depan awak media.

Dijelaskan Totok, kesadaran masyarakat Sulsel untuk mewujudkan Pemilu damai sudah sangat baik sejauh ini. Namun pihaknya tetap melakukan upaya lain guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan mengerahkan prajuritnya untuk membantu pengamanan Pemilu 2024.

"Kalau Kodam, saya punya 24 ribu personel. Siap saja dibagi di tiga Provinsi, silakan. Sudah siap. Jadi, saya diminta dan tidak diminta semua siap," tegasnya.

Saat ini kata Totok, pihaknya sudah mempersiapkan diri lebih awal untuk pengamanan tersebut. Mulai dari melaksanakan latihan, pembekalan, pengecekan kesiapan, dan juga patroli bersama.

Totok menekankan persatuan dan kesatuan  bangsa Indonesia menjadi utama. Sehingga adanya perbedaan pilihan bukan merupakan sebuah permasalahan, melainkan suatu dinamika dalam negara demokrasi.

"Boleh berbeda pilihan tetapi persatuan dan kesatuan menjadi yang utama," tandasnya.

Lebih jauh, Totok juga menyinggung mengenai launching baju "Guyub Rukun". Melalui baju tersebut ia berharap bisa menghadirkan di tengah masyarakat suasana yang aman, nyaman, dan tenteram.

"Kita, Kodam launching kaus guyub rukun menuju pemilu yang aman, nyaman, tenteram, dan netral. Karena kalau ada masalah-masalah yang sifatnya hal yang tidak diinginkan, yang rugi kita sendiri," pungkasnya. (Isak/A)

  • Bagikan