Desa Cege di Bone Beri Penguatan dan Peningkatan Satgas Keamanan Desa

  • Bagikan
Para SKD Cege bersama Sekcam Mare, Kades Cege, Babinkamtibmas dan Babinsa Cege.

BONE, RAKYATSULSEL  - Sebanyak 29 orang Satgas Keamanan Desa (SKD) Cege, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone mendapatkan pengetahuan tentang tugas utama SKD, di aula kantor Desa Cege, Kamis (14/12/2023).

Kepala Desa (Kades) Cege Muh. Adli, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan Penguatan dan Peningkatan SKD Cege dalam menjalankan kegiatan SKD.

"Satgas keamanan desa (SKD) merupakan suatu kelompok masyarakat yang peduli terhadap keamanan lingkungannya. Mereka tidak dibayar atau digaji, namun dibekali rompi dan alat komunikasi untuk menjaga keamanan lingkungan dari aksi pencurian maupun bencana," jelas Muh. Adli.

Olehnya itu, para SKD Cege dibekali dan dikuatkan serta ditingkatkan skill atau kemampuannya dalam menjalankan tugasnya. Apalagi di Desa Cege ada 3 dusun, dan 8 RT.

"SKD harus menjadi motor penggerak dan garda terdepan dalam problem server. Artinya harus melakukan pemecahan masalah dan mencari jawaban dari setiap masalah yang dihadapi," jelas Muh. Adli.

Ia menambahkan, SKD dibentuk bukan berarti mengambil alih peran dan tugas TNI-POLRI, dalam hal ini Babinsa dan Babhinkamtibmas. 

"Namun membantu Babinsa dan Babhinkamtibmas dengan tetap bekerjasama dalam menjaga kondusif Desa Cege," ujarnya.

Hal senada dikemukakan Camat Mare yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Mare, Sainal Abidin. Dalam sambutannya ia mengemukakan bahwa Satuan Tugas Keamanan Desa (SKD) merupakan satuan yang dibentuk oleh desa yang beranggotakan relawan dari masyarakat desa setempat.

Ia melanjutkan dengan merinci tugas pokok dan fungsi SKD dalam menjaga kondusifitas desanya. 

"Adapun tugas pokok dan fungsi antara lain, menjaga dan memastikan keamanan di desanya. Bertugas mendisain sistem keamanan di desanya sesuai karakteristiknya masing-masing," jelas Sainal Abidin. 

"Sebagai Problem Solver terkait masalah-masalah keamanan di desanya sehingga diharapkan persoalan-persoalan dimasyarakat yang bisa berdampak terganggunya keamanan, bisa diselesaikan sejak masih bentuk bibit-bibit kecil," jelasnya lagi. 

"Membantu permasalahan dalam masyarakatnya seperti memobilitasi masyarakat untuk ikut membantu apabila ada bencana alam, selain itu membantu mengatasi permasalah-permasalahan masyarakat lainnya," pungkasnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Babinkamtibmas Desa Cege, Ipda Alam Adi dan Babinsa Cege, Serka Hamdan. (Enal)

  • Bagikan