Kemensos Salurkan Bantuan Program Kearifan Lokal untuk Sanggar Seni “NIRWANA” di Desa Kebo

  • Bagikan
Penyaluran bantuan kearifan lokal kepada Sanggar Kesenian “NIRWANA” Desa Kebo, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng.

SOPPENG, RAKYATSULSEL - Kearifan lokal (riflok) sebagai bagian dari adat istiadat lokal yang berasal dari beragam suku bangsa mencerminkan Indonesia adalah negara yang multi etnis, agama, ras dan golongan. Kebhinnekaan merupakan realitas bangsa Indonesia yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Aktualisasi dan implementasi nilai-nilai riflok secara nyata di tengah-tengah kehidupan masyarakat menjadi sangat penting mengingat riflok mampu menyatukan keanekaragaman budaya, tradisi, dan adat-istiadat dalam ikatan kebersamaan yang saling menghormati dan menghargai.

Aktualisasi riflok dalam kehidupan sehari-hari merupakan cermin ideologi Pancasila. Pancasila merupakan cara terbaik untuk kembali menguatkan jati diri bangsa dari gangguan dan ancaman ideologi asing. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI, Jokowi Widodo. Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) menyalurkan bantuan program kearifan lokal untuk Sanggar Seni Nirwana di Kabupaten Soppeng.

Adapun bantuan kearifan lokal yang disalurkan tersebut berjumlah 50 Juta Rupiah Bantuan tersebut di serahkan kepada Sanggar Kesenian “NIRWANA” Desa Kebo Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

Kepala Desa Kebo Andi Sultan (1/1/2024) menyampaikan bantuan Kearifan Lokal (LK) tersebut diberikan Kemensos RI untuk mencegah radikalisme dan meningkatkan ketahanan masyarakat serta merawat kearifan lokal.

  • Bagikan