Cuaca Buruk, Sejumlah SMA di Sulsel Terapkan Belajar Daring

  • Bagikan
ILUSTRASI cuaca buruk

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mitigasi dampak cuaca buruk, tiga sekolah harus menerapkan pembelajaran daring (online) di Sulsel.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Sulsel ,Harpansa saat dikonfirmasi, Selasa (16/1/2024).

Kata dia, sejak berlangsungnya cuaca buruk, saat ini telah terdapat tiga SMA yang melakukan belajar online berdasarkan laporan yang diperoleh pihaknya. Sekolah tersebut berasal dari Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

“Jadi yang sudah melapor untuk daring itu, SMA 19 Makassar, SMA 13 Makassar dan SMA 11 Gowa,” bebernya.

Ia mengutarakan, sekolah tersebut memiliki letak yang rawan terjadi banjir untuk kota Makassar dan untuk sekolah yang di Kabupaten Gowa itu rawan terjadi longsor.

Bahkan kata dia, tak hanya dari tiga sekolah tersebut yang melakukan pembelajaran daring itu bisa saja lebih hanya saja belum sempat melaporkan ke pihaknya.

“Mungkin ada juga sekolah lain cuma laporannya belum sampai di kami. Jadi untuk kewenangan pengambilan keputusan jenis pembelajaran itu kami berikan kepada kepala sekolah jika memang perlu dilakukan dengan memperhatikan kondisinya,” paparnya.

Terkait dengan kendala akses belajar online yang menggunakan salah satu aplikasi ataupun lainnya itu juga diberikan kepada masing-masing sekolah menyiasati efektivitas pemberian sistem pembelajaran.

Ia juga menyampaikan kemungkinan bertambahnya sekolah dengan penerapan belajar daring itu juga mesti diperhatikan jika sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh pihaknya.

“Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah diminta untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan pelaksanaan surat edaran ini serta melaporkan secara berkala kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,” pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan