Pemprov Mulai Jalankan Program 100 Juta Benih

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Penjabat Bupati Bone, Islamuddin, kembali menebar benih ikan nila Kabupaten Bone, Jumat, 12 Januari 2024 lalu. Telah melepas 20 ribu benih nila di Desa Mario, Kecamatan Mare.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemprov Sulsel telah menjadikan Sektor Pertanian dan Perkebunan, Perikanan dan Peternakan menjadi program sebagai sektor yang bakal diatensi penuh, apalagi sudah dianggarkan pada APBD 2024 ini.

Kepala Dinas Perikanan Sulsel, Muh Ilyas menyampaikan, sesuai dengan target Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin untuk mencanangkan program 100 juta benih ikan yang bakal disalurkan di 24 Kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan.

Pihaknya tengah melakukan inventarisasi sumber-sumber benih ikan air tawar yang juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota.

“Sekarang kita akan inventarisir berapa kemampuannya dalam satu tahun ini, kita juga sedang melakukan pemetaan untuk melakukan kerja sama dengan balai benih ikan,” bebernya kepada Rakyat Sulsel, Selasa (16/1/2024).

Lanjut dia, pembahasan terkait kerja sama itu juga akan meminta kejelasan, apakah kerjasama itu akan dilakukan dengan pemberian pupuk atau indukan untuk menghasilkan benih dan akan dibagikan ke wilayah Sulsel.

“Nanti kita juga akan bagi hasil pembibitan, pelibatan stakeholder terkait juga tentu juga akan dilakukan” ujarnya.

Ia melanjutkan, saat ini pembagian benih kepada masyarakat di Sulsel sudah berjalan hanya saja untuk awal tahun ini masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan targetnya.

“Kan rencananya Pak Pj itu akan melakukan penebaran benih 1 juta di danau tempe,” bebernya.

Ia juga menyampaikan, saat ini pihaknya juga telah bersurat kepada BBI masing-masing Kabupaten dan Kota untuk memberikan suplai benih.

“Kita kan variatif yang bakal dibagikan, baik bibit nila, bibit emas, dan benur (bibit udang), pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Penjabat Bupati Bone, Islamuddin, kembali menebar benih ikan nila Kabupaten Bone, Jumat, 12 Januari 2024 lalu. Telah melepas 20 ribu benih nila di Desa Mario, Kecamatan Mare.

"Ini bagian dari program 100 juta bibit (benih) dan di tempat ini kita lepas 20.000 bibit ikan nila," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Muhammad Ilyas.

Bahtiar mengatakan, pelepasan benih ikan nila ini untuk meningkatkan gizi masyarakat dan mencegah stunting.

Untuk Informasi, Pj Gubernur Bahtiar telah dua kali melakukan penebaran benih nila di Kabupaten Bone. Pertama di Desa Tellongeng, Kecamatan Mare, melepas 50.000 ekor benih ikan nila. Kedua, di Desa Wollangi, Kecamatan Barebbo, sebanyak 21 ribu bibit pada Desember 2023 lalu. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan