3 Rahasia Agar Terhindar dari Overthinking Pada Malam Hari Menurut Psikolog

  • Bagikan
ilustrasi seseorang overthingking pada malam hari

Gunakan Teknik ‘Stop, Drop, and Roll’

    Teknik ini adalah cara untuk menghentikan pikiran negatif yang berlebihan dan menggantinya dengan pikiran yang lebih rasional dan positif. Caranya adalah:

    • Stop: Ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang overthinking, katakan pada diri Anda untuk berhenti. Anda bisa mengucapkan kata "stop" dengan keras atau dalam hati, atau menggunakan isyarat visual seperti mengangkat tangan atau menutup mata.
    • Drop: Setelah Anda berhenti, tarik napas dalam-dalam dan rilekskan tubuh Anda. Anda bisa melakukan teknik pernapasan seperti pernapasan perut atau pernapasan kotak, yang bisa membantu menenangkan sistem saraf Anda.
    • Roll: Setelah Anda rileks, ganti pikiran negatif Anda dengan pikiran yang lebih realistis dan konstruktif. Anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut.

    Apa bukti yang mendukung atau menyangkal pikiran saya? Apa yang akan saya katakan pada teman yang mengalami hal yang sama? Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah ini?

    Tulis Jurnal Sebelum Tidur

    Menulis jurnal sebelum tidur adalah cara untuk meluapkan emosi dan pikiran yang mengganggu Anda. Dengan menulis jurnal, Anda bisa mengurangi beban pikiran Anda dan membuatnya lebih teratur.

    Anda juga bisa mengevaluasi apa yang telah Anda lakukan dan capai sepanjang hari, serta merencanakan apa yang ingin Anda lakukan besok.

    • Bagikan