Mengalami Kebakaran Saat Sedang Beroperasi, Penumpang Mencium Bau tak Sedap dari dalam Bus

  • Bagikan
Bus terbakar tiba-tiba ketika dalam perbaikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Sebuah armada angkutan umum Kota Surabaya mengalami kebakaran saat sedang beroperasi. Kebakaran ini disadari oleh penumpang dan sopir yang mencium bau tak sedap dari dalam bus.

Bagian belakang mesin bus Trans Semanggi Surabaya menjadi titik terbakar ketika sedang melintas di Jalan Mayjen Sungkono, tepatnya depan Ruko Darmo Park 1, Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya pada hari Selasa (20/2), sebagaimana dilaporkan oleh Radar Surabaya (JawaPos Grup) pada Rabu (21/2).

Peristiwa ini beruntungnya tidak berujung fatal karena api berhasil dipadamkan sebelum merembet lebih luas dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.46 waktu setempat. Bus dengan nomor polisi L 7386 UB sedang dalam perjalanan dari arah barat ke timur di Jalan Mayjen Sungkono menuju Pool Bratang ketika remnya mulai mengeluarkan bau tak sedap dan ternyata cakram remnya berwarna merah menyala.

Sopir bus yang bernama Edy Erwanto segera mengambil tindakan cepat dengan menggunakan alat pemadam kebakaran ringan (Apar) untuk memadamkan api sebelum bertambah besar.

Satu unit kendaraan tempur dari Posko TVRI segera tiba di lokasi untuk melakukan pengecekan setelah menerima laporan tentang kejadian tersebut.

Menurut salah satu petugas dari Command Center 112, area yang terbakar memiliki luas sekitar 1 meter persegi.

Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting atau overheating pada mesin bus tersebut.

"Luas yang terbakar 1 x 1 meter. Penyebabnya diduga konsleting atau overheat mesin," kata salah satu petugas Command Center 112.

Tindakan cepat dari sopir bus telah mengurangi dampak kebakaran tersebut menjadi lebih kecil. (jp/raksul)

  • Bagikan