Jokowi Resmikan Proyek IPAL Losari Makassar, Nilainya Capai Rp 1,2 Triliun

  • Bagikan
Presiden Jokowi meninjau Ipal Losari Makassar sebelum puncak acara peresmian, Kamis (22/2/2024).

Dia menyebutkan bahwa proyek yang dimulai sejak tahun 2019 dan selesai pada tahun 2023 tersebut memperoleh anggaran sebesar Rp 1,2 triliun, dengan rincian Rp1,067 triliun dari APBN, Rp 672 miliar dari ADB, dan Rp 150 miliar dari APBD Kota Makassar.

Selain itu, Presiden juga menginformasikan bahwa IPAL tersebut memiliki kapasitas 16 ribu meter kubik per hari dengan panjang perpipaan mencapai 96 kilometer, yang dapat melayani 41 ribu kepala keluarga di Kota Makassar.

"Saya berharap dengan beroperasinya sistem pengolahan air limbah domestik terpusat ini, penanganan air limbah semakin terintegrasi, Kota Makassar semakin bersih, dan kualitas lingkungan, kualitas air tanah, serta kualitas air baku semakin baik, sehingga masyarakat semakin sehat dan produktif," tandasnya.

Untuk informasi tambahan, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (Abu/B)

  • Bagikan