Jokowi Resmikan Proyek IPAL Losari Makassar, Nilainya Capai Rp 1,2 Triliun

  • Bagikan
Presiden Jokowi meninjau Ipal Losari Makassar sebelum puncak acara peresmian, Kamis (22/2/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari senilai Rp 1,2 triliun yang terletak di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis, 22 Februari 2024.

"Dengan memulai dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, pada pagi hari ini saya meresmikan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan," kata Jokowi saat meresmikan IPAL Losari Makassar.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pengelolaan air limbah merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas lingkungan dari dampak limbah air, yang meliputi peningkatan mutu air baku dan air tanah, serta dampak positifnya terhadap kesehatan masyarakat.

"Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair dengan ramah lingkungan, meningkatkan kualitas air tanah dan air baku, serta meningkatkan kesehatan masyarakat kita," ucapnya pada Kamis, 22 Februari 2024.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa proyek ini bukan hanya sekadar infrastruktur, tetapi juga merupakan kampanye kesadaran pengelolaan limbah bagi masyarakat, khususnya di Kota Makassar.

"Sistem pengelolaan air limbah ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, khususnya di Kota Makassar," jelasnya.

  • Bagikan