Realisasi APBD Sulsel 2024 Triwulan I: Pendapatan 21,8 persen, Serapan Anggaran Belum Capai 20 Persen

  • Bagikan
Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Untuk memaksimalkan program pemerintah yang sebelumnya telah terutang pada Perumusan APBD 2024 diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat secara maksimal menggunakan atau menyerap anggaran melalui pelaksanaan program kerja.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Reza Faisal Saleh menyampaikan realisasi pendapatan Triwulan Pertama (TW I) pelaksanaan APBD 2024 persentasenya sudah di atas 20 persen dari target yang ditetapkan.

Diketahui, Besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 Pemprov Sulsel RTp 10 Triliun lebih.

“Kalau total pendapatan kita sampai pada akhir Maret itu dari target  Rp10 triliun lebih, realisasinya baru 21,8 persen atau Rp 2,18 triliun,” beber Resa sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, sumber pendapatan tersebut adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD), DANA Transfer Pusat (DIPA) dan lain-lain pendapatan yang sah.

Ia menyampaikan, dibandingkan pada tahun sebelumnya, untuk periode anggaran yang sama, realisasi pendapatan Pemprov Sulsel tumbuh sekira 8 persen. 

Namun pada TW I APBD 2024, Realisasi serapan anggaran APBD 2024 Pemprov Sulsel belum mencapai 20 persen pada triwulan pertama (TW I).

  • Bagikan