Tanggapi Hasil Pileg 2024, Andi Ina Akui Prihatin Golkar Tak Mampu Pertahankan Kursi Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
Andi Ina Katika Sari

Pasca pencoblosan pada 14 Februari lalu, proses penghitungan suara hasil Pemilu 2024 masih berlangsung. Data progres rekapitulasi, termasuk hasil Pemilu Legislatif di Sulawesi Selatan, tersedia di laman KPU.

Partai NasDem Sulsel berhasil memenangi Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024 dengan meraih 17 kursi berdasarkan penghitungan real count. Sementara itu, partai Gerindra berada di posisi kedua dengan meraih 14 kursi, dan Golkar berada di peringkat ketiga dengan perolehan 13 kursi.

Dengan hasil pileg tersebut, takhta Partai Golkar Sulsel selama puluhan tahun di Provinsi ini mulai terancam karena digeser oleh Partai NasDem.

Sekedar diketahui, pada awal reformasi, Golkar tetap menjadi pilihan partai politik masyarakat Sulsel secara mayoritas. Takhta Golkar bertahan hingga Pemilu 2019. Pada Pemilu 2004 lalu, Golkar mendominasi seluruh wilayah Sulsel.

Namun kejayaannya mulai luntur pada Pemilu 2009, lima kabupaten direbut partai lain. Puncak anjloknya suara Golkar pada Pemilu 2014, ada 17 daerah lepas dari penguasaannya.

Kemudian pada Pemilu 2019, suara Golkar menanjak lagi walaupun hanya ada 15 daerah yang dikuasai.  Namun pada Pemilu 2024 ini Golkar kembali banyak kehilangan suara di Sulsel bahkan kursi Ketua DPRD Sulsel hampir dipastikan lepas. (Yadi/B)

  • Bagikan