Begini Cara Parpol Menentukan Pimpinan DPRD

  • Bagikan
Ilustrasi

Anggota DPR RI ini menegaskan bahwa proses usulan nama dilakukan oleh DPW, kemudian dilakukan penjaringan dan seleksi berdasarkan kemampuan dan pengalaman.

"Jadi, saat diusulkan, bukan hanya satu nama. Semua yang terpilih akan diusulkan. Bagi saya, semua memiliki potensi untuk terpilih," tambahnya.

Apa kriteria utama untuk menjadi pimpinan DPRD dari NasDem? RMS menjelaskan bahwa kriteria utama bukanlah jumlah suara yang diperoleh, tetapi pengalaman dalam memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemampuan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi di dalam partai.

"Yang utama bukanlah jumlah suara sebagai jaminan. Bukan hanya dilihat dari banyaknya suara saat terpilih. Yang terpenting adalah konsistensi, kemampuan komunikasi, dan kemampuan untuk memimpin rapat dengan baik. Kita akan menilai semua aspek tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad juga menjelaskan bahwa penentuan unsur pimpinan DPRD akan dilakukan melalui tim khusus yang dibentuk oleh DPW.

"Penentuan unsur pimpinan di PKB akan melibatkan usulan dari kabupaten/kota, dengan 2-3 nama yang diajukan untuk dipertimbangkan. Setelah itu, DPW akan merekomendasikan ke Jakarta, dan DPP PKB akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (UKK) terhadap semua nama yang diajukan," ungkap Azhar. (Yadi/B)

  • Bagikan