Wajib Tahu! 7 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Tubuh

  • Bagikan
Buah Naga

RAKYATSULSEL - Buah Naga juga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi, adalah buah tropis rendah kalori yang dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis dan berbintik-bintik.

Di Indonesia, buah ini sudah sering dijual dan banyak dijumpai, entah di seberang jalanan, pasar, atau supermarket yang menjualnya.

Tak hanya itu, orang Indonesia juga tak jarang mengonsumsi buah naga dan mengolahnya menjadi beberapa produk olahan.

Namun selain rasanya yang unik dan enak, ternyata buah ini mengandung nutrisi, serat prebiotik, dan zat sehat lainnya.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh di dalam buah naga dan jika ingin mengetahuinya, yuk simak lebih lanjut!

Dengan mengutip dari Healthline, beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan untuk di dalam buah naga adalah sebagai berikut.

1. Penuh akan nutrisi

Meskipun buah ini rendah dalam kalori tapi mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting.

Tak hanya itu, buah naga juga memiliki kandungan serat makanan dalam jumlah yang begitu besar dan untuk mengetahui nutrisi apa saja yang terkandung dalam satu porsi buah naga, berikut adalah daftarnya.

- Kalori: 136

- Protein: 3 gram

- Lemak: 0 gram

- Karbohidrat: 29 gram

- Serat: 7 gram

- Besi: 8% dari RDI

- Magnesium: 18% dari RDI

- Vitamin C: 9% dari RDI

- Vitamin E: 4% dari RDI

2. Mencegah penyakit kronis

Dengan mengonsumsi buah naga, maka penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi dapat dicegah dan diatasi.

Antioksidan yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai penghilang radikal bebas yang terdapat pada penyakit kronis, sehingga kerusakan sel dan peradangan dapat dicegah.

Antioksidan yang terdapat di dalam buah naga adalah vitamin C, betalain, dan karotenoid.

Tak hanya itu, dalam mengkonsumsinya lebih baik masih dalam bentuk aslinya yaitu buah utuh daripada setelah diolah menjadi beberapa produk lain seperti pil, suplemen atau lainnya karena adanya kemungkinan bahwa antioksidan yang terdapat bisa berbahaya.

3. Penuh akan serat

Selain dalam mencegah penyakit kronis, buah naga juga kaya akan serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Untuk batas konsumsinya, dianjurkan sebanyak 7 gram per cangkir dikarenakan manfaat yang terkandung dalam mengkonsumsi buah naga adalah itu dapat melindungi terhadap penyakit jantung, menjaga diabetes tipe 2 dan berat badan agar tetap sehat.

Serta meskipun buah naga baik bagi tubuh, mengonsumsi berlebihan dapat membuat perut menjadi sakit dan tidak nyaman.

4. Menjaga usus tetap sehat

Buah naga mengandung prebiotik, yaitu sebuah jenis serat yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, dan dikarenakan usus tak bisa mencerna dengan baik semua hal yang ada di dalamnya maka bakteri di dalamnya dapat mengambil alih tugas tersebut.

Hal itu bisa dilakukan dikarenakan bakteri baik di dalam usus menggunakan serta sebagai bahan bakarnya dan membuat mereka tumbuh begitu banyak dalam waktu yang cepat, membuat tubuh bisa memperoleh manfaat darinya.

5. Memperkuat sistem imun

Vitamin C yang terdapat di dalam buah naga dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan sistem imun dan mencegah sel darah putih di dalam tubuh terinfeksi dari apapun yang berpotensi merusaknya, dikarenakan sel darah putih berfungsi untuk menyerang dan menghancurkan berbagai zat berbahaya, meskipun mereka juga sangat sensitive terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan adanya tambahan vitamin C dan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, maka sel darah putih terlindungi dari radikal bebas yang dinetralkan olehnya.

6. Meningkatkan jumlah zat besi yang rendah

Zat besi adalah zat yang berpengaruh penting di dalam tubuh dan dengan mengonsumsi buah naga yang juga kaya akan zat besi, maka kandungan atau jumlah zat besi tetap bisa terjaga agar tidak menjadi rendah.

Banyak makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, ikan, legume, kacang-kacangan, dan sereal. Namun buah naga mengandung zat besi sebanyak 8% dari kandungan gizi yang direkomendasikan yang juga mengandung vitamin C dan sangat cocok bagi tubuh.

7. Sumber yang bagus untuk magnesium

Tak banyak orang tahu tapi buah naga memiliki kandungan magnesium sebanyak 18% dari buah lainnya.

Dengan adanya magnesium sebanyak itu, maka tubuh akan mendapatkan jumlah yang cukup, dikarenakan rata-rata magnesium di dalam tubuh hanya sebanyak 24 gram atau satu ons.

Namun, meskipun jumlahnya sedikit, mineralnya terdapat di setiap sel tubuh dan berperan di dalam kurang lebih dari 600 reaksi kimia penting di tubuh.

Dan juga dengan seringnya mengonsumsi magnesium, maka resiko penyakit jantung dan stroke bisa berkurang serta dapat membantu pertumbuhan kesehatan tulang. (jp/raksul)

  • Bagikan