Wacana Penghapusan Pramuka jadi Ekskul di Sekolah, Fatmawati: Harusnya Masuk Kurikulum untuk Pembentukan Karakter Anak Bangsa

  • Bagikan

Pramuka selama ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya sekolah di Indonesia. Hal ini bukan hanya karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam Pramuka seperti baris-berbaris, kemah, atau permainan yang melatih ketangguhan fisik, tetapi juga karena nilai-nilai yang ditanamkan dalam setiap kegiatan tersebut.

Caleg terpilih DPR RI dari dapil Sulsel I itu, ia menyebutkan Pramuka merupakan wadah bagi generasi muda, serta memiliki peran strategis dalam membentuk karakter anak muda Indonesia.

Pramuka melalui Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya terdapat penanaman nilai karakter yang luar biasa, yang begitu kuat nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan termasuk dalam membangun kesetiakawanan.

"Tentu kita  berharap bahwa gerakan pramuka ini sangat penting dlm pembentukan karakter anak bangsa. Dan tentunya kita tidak setuju bila pramuka hanya jadi pilihan ekskul," tukasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan