Kuota JCH Sulsel 2024 Capai 7.740, Berikut Jumlahnya di Kabupaten/Kota

  • Bagikan
Pelayanan Jamaah Haji Lansia di Asrama Haji Makassar pada musim haji tahun 2023 lalu.

Ia menjelaskan, untuk manasik haji itu dilaksanakan oleh kemenag kabupaten dan kota, untuk tingkat kota atau kabupaten itu dilaksanakan sebanyak dua kali dan untuk tingkat kecamatan itu dilaksanakan sebanyak delapan kali.

“Manasik Haji dilaksanakan sebanyak dua kali di tingkat kabupaten dan delapan kali  tingkat kecamatan,” ucapnya.

Untuk Informasi, Manasik Haji adalah simulasi haji sebelum benar-benar melaksanakan ibadah di Makkah. Waktu pelaksanaannya dipersingkat karena hanya sebagai latihan. Selain bagi jemaah calon haji, manasik haji juga biasa dilakukan anak sekolah sebagai bentuk pembelajaran mengenai rukun Islam yang kelima ini.

Iqbal melanjutkan, untuk masuk Asrama Haji, pihaknya juga sudah menetapkan jadwal jemaah asal kota Makassar akan menjadi jamaah pertama yang bakal memasuki asrama pada tanggal 11 Mei mendatang.

“Jumlah jemaah yang masuk itu sebanyak 442 orang,” tuturnya.

Untuk keberangkatan tahun ini juga dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama itu mulai masuk asrama pada 11 Mei sampai 22 mei 2024. Lalu untuk gelombang kedua itu dimulai pada 23 mei- 9 juni 2024.

Ia menuturkan masih menunggu laporan dari petugas haji Kabupaten dan Kota terkait dengan jemaah haji yang masuk dalam kategori difabel, baik tunanetra (gangguan penglihatan) pun dengan klasifikasi lainnya.

“Kami juga siap melayani jemaah haji disabilitas,” pungkasnya.

  • Bagikan