Realisasi Anggaran 22 OPD Pemkot Makassar Dibawah 12 Persen, Begini Penjelasan Bappeda Makassar

  • Bagikan
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Zulkifli Nanda

Maka dari itu, dibutuhkan strategi khusus agar serapan realisasi anggaran bagi OPD yang memiliki program kegiatan konstruksi dapat berjalan dengan lancar. 

"Utamanya mengenai program kegiatan infrastruktur, lebih lebih kita fokuskan pada target dari pak wali program kegiatan pak wali kota ini harus kita cepat realisasikan," jelas Zulkifli.

Adapun kendala yang menghambat serapan realisasi anggaran ini, kata Zulkifli, dikarenakan banyak OPD yang lambat melakukan penyusunan dokumen anggaran (DPA). Di mana, penyusunan DPA dilakukan pada awal bulan Februari 2024 yang lalu. 

"Sehingga hanya cukup satu hingga satu setengah bulan untuk melakukan pelaksanaan program kegiatan ini," ucap Zulkifli.

Meski begitu, Ia mengaku para OPD telah berjanji akan melakukan peningkatan realisasi anggaran di Triwulan II mendatang. 

Sehingga, Zulkifli mengimbau kepada seluruh OPD untuk mempercepat pelaksanaan program kegiatan sesuai arus kas, terutama terkait program infrastruktur yang memerlukan koordinasi efektif.

" terkait infrastruktur ini perlu ada koordinasi baik dari ULP maupun dengan dinas-dinas yang melaksanakan infrastruktur ini, supaya cepat dalam melakukan perencanaan supaya bisa cepat kita laksanakan sesuai dengan target waktu," tutup Zulkifli. (Shasa/B)

  • Bagikan