Realisasi Anggaran 22 OPD Pemkot Makassar Dibawah 12 Persen, Begini Penjelasan Bappeda Makassar

  • Bagikan
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Zulkifli Nanda

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Serapan realisasi anggaran Pemerintah Kota Makassar pada Triwulan I tahun 2024 masih rendah yakni Rp5,2 triliun. 

Diketahui, target belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024 yakni Rp5,7 triliun. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Zulkifli Nanda membeberkan saat ini realisasi anggaran pada Triwulan I masih jauh dari kata ideal. 

Sebab, serapan realisasi anggaran pada triwulan I 2024 berada di bawah target yakni 25 persen.  

Bahkan, 22 organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Makassar memiliki serapan realisasi anggaran di bawah 12 persen.

Yakni Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Penataan Ruang, Dinas Kesehatan, Bagian Protokol, Dinas Pengendalia Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), dan  Dinas Koperasi- UKM. 

Selanjutnya, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Kebudayaan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Bagian Kesra, dan Bagian Organisasi. 

Lalu, Bagian Perekonomian, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Hukum, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Kerjasama, Bagian Administrasi Pembangunan, Dinas  Pekerjaan Umum dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). 

Zulkifli Nanda mengatakan OPD yang memiliki pagu anggaran tinggi dan program kegiatan berupa konstruksi memang tiap tahunnya memiliki serapan anggaran yang rendah. 

  • Bagikan