SMA Islam Athirah 1 Tanamkan Pendidikan Karakter Islami Siswa

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL-- SMA Islam Athirah 1 Makassar mengambil langkah serius dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui peran strategis para guru dan keterlibatan aktif orang tua.

Salah satu yang menjadi konsentrasi Sekolah Islam Athirah dalam pendidikan karakter islami dan di kedisiplinan. Dalam hal ini guru menjadi contoh bagi peserta didik dan mediator dan komunikator antara sekolah dengan orang tua.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar mengatakan saat ini pihaknya terus mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik.

"Peran guru sangat krusial dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Kami berupaya memberikan pelatihan secara rutin kepada para guru mengenai teknik coaching, conseling, dan disiplin positif, termasuk pendekatan untuk mendukung kesehatan mental remaja," ucap Tawakkal.

Untuk mendukung guru dalam menjalankan perannya, SMA Islam Athirah 1 Makassar menyelenggarakan berbagai pelatihan profesional. Sekolah ini juga menerapkan kebijakan disiplin yang jelas dan konsisten, serta menyediakan sumber daya yang memadai untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.

Tawakkal menambahkan, dalam usaha meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan di kalangan peserta didik, SMA Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan berbagai program yang efektif. Mulai dari pembinaan rutin perwalian setiap hari, hingga apresiasi terhadap peserta didik yang konsisten menjalankan tata tertib.

"Kegiatan seperti sapa pagi oleh pengurus OSIS dan MPK sangat membantu dalam membangun suasana yang positif sejak awal hari," tambahnya.

Ekstrakurikuler dan keterlibatan orang tua juga tidak luput dari perhatian sehingga diselenggarakan berbagai kegiatan yang tidak hanya meningkatkan kerjasama antara sekolah dan rumah, tetapi juga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan peserta didik.

Menghadapi tantangan dalam menjaga ketertiban tidaklah mudah, namun SMA Islam Athirah 1 Makassar berkomitmen untuk menerapkan pendekatan yang komprehensif dan penuh empati.

"Dengan dukungan penuh dari semua pihak, SMA Islam Athirah 1 Makassar berharap dapat terus menciptakan lingkungan yang mendukung bagi setiap peserta didik untuk tumbuh menjadi individu yang disiplin dan bertanggung jawab," tutupnya.(Hikma/B)

Ketgam: Peserta didik Sekolah Islam Athirah rutin khatam Alquran

  • Bagikan