Ini Alasan Penting Mengapa Tubuh Anda Butuh Vitamin K, Bisa Mencegah Dimensia!

  • Bagikan
Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin K.

RAKYATSULSEL - Tubuh sehat membutuhkan banyak nutrisi termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan.

Salah satu mikronutrien yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang dengan membantu proses mineralisasi tulang tubuh yakni vitamin K.

Vitamin K larut dalam lemak yang hadir dalam dua bentuk yakni K1 (phylloquinone), ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, serta K2 (menaquinones), dibuat oleh bakteri usus dan ditemukan dalam makanan fermentasi dan produk hewani.

Adapun sumber makanan vitamin K meliputi kangkung, bayam, selada, brokoli, kembang kol, kedelai, blueberry, telur, kiwi, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kuning telur, dan ayam.

Dikutip dari Healthshots, Selasa (30/4), terdapat 7 alasan penting mengapa tubuh Anda sangat membutuhkan asupan vitamin K, di mana khasiatnya akan bermanfaat dalam jangka panjang:

Perkuat tulang

Menurut penelitian Oregon State University, vitamin K membantu mengaktifkan osteokalsin, protein yang diproduksi oleh osteoblas (sel pembentuk tulang).

Osteokalsin mengikat kalsium, elemen penting yang dibutuhkan untuk mineralisasi tulang. Dengan mendorong proses ini, vitamin K tidak hanya memperkuat struktur tulang, tetapi juga membantu pengembangan jaringan tulang baru, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.

  • Bagikan