Tiga Profesor UNM Berebut Kursi Rektor Hari Ini

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) masa bakti 2024+2028 akan digelar Jumat 3 Mei, hari ini. Ketua senat UNM, Profesor Jamaluddin mengatakan pada pemilihan putaran kedua ini selain 64 anggota senat, perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga akan menggunakan hak pilihnya.

“Pemilihan akan berlangsung tertutup di ruang senat UNM Makassar besok (hari ini),” kata Jamaluddin, Kamis (2/5/2024).

Adapun, Rektor UNM, Profesor Husain Syam yang berharap pemilihan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Semua calon yang maju adalah kader terbaik UNM. Semoga semuanya siap kalah. Jangan maju bertarung kalau tidak siap kalah,” kata Husain.

Tiga kandidat yang akan bertarung melanjutkan kepemimpinan Husain Syam adalah Profesor Hasmyati, Profesor Karta Jayadi dan Profesor Hasnawi Haris.

Pada pemilihan putaran pertama Maret lalu Hasmyati unggul telak dengan perolehan 51 suara, disusul calon rektor nomor urut 4, Karta Jayadi dengan perolehan 5 suara, dan calon rektor nomor urut 1, Hasnawi yang meraih 4 suara. Dua calon lainnya yakni Profesor Ichsan Ali meraih 3 suara, dan Eko Hadi Sudjiono mendapat 1 suara.

Namun, hasil ini digugat oleh kandidat lain sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merekomendasikan pemilihan ulang. Permintaan itu tertuang dalam surat dengan nomor 0320/E/KP.05.02/2024, tentang Penyaringan Ulang Pemilihan Calon Rektor Universitas Negeri Makassar Periode 2024-2029. Hal tersebut lantaran ditemukan adanya indikasi tindakan tidak netral dari pimpinan UNM.

Pemilihan ulang yang berlangsung pada 4 April lalu menghasilkan perolehan suara yang sedikit berbeda. Meski begitu, Hasmyati tetap unggul dengan 40 suara. Karta Jayadi di posisi kedua dengan perolehan 14 suara dan Hasnawi 5 suara.

Ketua panitia pemilihan rektor UNM, Profesor HamsuGani mengatakan siapapun peraih suara terbanyak pada pemilihan kali akan langsung makan dipastikan akan menjadi rektor terpilih. Selain anggota senat, pemilihan kali ini juga akan mengikutkan suara dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sebanyak 35 persen.

Sementara itu, masa jabatan periode kedua Rektor Husain Syam akan berakhir pada 17 Mei 2024. Pihak panitia berharap sudah ada calon rektor dilantik tepat pada berakhirnya periode Rektor Husain Syam.

"Panitia mengusahakan atau melaporkan ke menteri pada tanggal itu sudah ada pelantikan rektor baru," ucap Hamsu. (rahman)

  • Bagikan