Perkenalkan Situs Budaya Batu Kiki Lewat Mendongeng, Siswa SMP 2 Harumkan Parepare di Tingkat Sulsel

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Debby Ayu Lestary, siswa UPTD SMP Negeri 2 Kota Parepare kembali mengharumkan nama Kota Parepare dengan berhasil meraih juara 1 dalam lomba Mendongeng Bahasa Daerah secara online (video).

Lomba Mendongeng dengan cara mengirimkan video sekreatif mungkin ini dilakukan pada ajang Lomba Kreatif Bahasa dan Sastra Daerah yang digelar oleh Prodi Bahasa dan Sastra Daerah pada Universitas Negeri Makassar (UNM) yang pengumumannya dilakukan 30 Mei 2024, kemarin.

Melalui kegiatan lomba mendongeng itu, Debby sapaan karib siswa yang diketahui merupakan Kerua Komunitas Pattola Sumange’ UPTD SMPN 2 Parepare ini bertutur menggunakan bahasa daerah Bugis:

Ia mengangkat Legenda tentang penamaan Bacukiki yang berasal dari kata ‘Batu’ dan ‘Kiki’. Menariknya, siswa yang masih duduk di kelas VII ini membawakan cerita di lokasi situs budaya Batu Kiki yang dipatenkan oleh Pemkot Parepare dengan sebutan Batu Makkiki’e atau Batu yang mengeluarkan bunyi ringkikan suara kuda.

Didampingi oleh guru pelatihnya, Rahmaniar, Debby memaksimalkan penampilan dengan memakai baju kebaya khas yang dikenakan oleh seorang nenek.

Sejumlah anak-anak SD yang sedang bermain tak jauh dari lokasi itu pun ikut menyaksikan Debby memainkan peran layakx seorang Nenek.

Kreatifitas, kebahasaan, dan penampilan menjadi unsur penilaian dalam ajang yang diikuti pelajar SMP dan SMA/SMK/umum itu.

Debby, berhasil menyisihkan pesaingnya dari kalangan SMA.

Diketahui, nilai Debby Ayu Lestari jauh melampuai pesaingnya. Ia mendapatkan nilai 1.902. Selanjutnya disusul sebagai Juara 2 dari SMAN 17 Bulukumba dengan perolehan 1.653, lalu Juara 3 diraih dari SMPN 1 Bungoro dengan nilai 1.454.

Kepala UPTD SMP Negeri 2 Kota Parepare, Nasriah, Jumat, 31 Mei 2024 menyampaikan rasa bangga atas torehan siswanya itu.

“Sejak pertama kali melihat videonya saya sudah yakin anak saya akan meraih juara 1 dan alhamdulillah benar. Selamat anak hebatku dan mam pendampingnya. Teruslah berkarya dan asah minat dan bakatmu nak,” pesan Nasriah. (*)

  • Bagikan