PKK Makassar Sosialisasi Program, Aku Hatinya PKK

  • Bagikan
Ketgam: TP PKK Kota Makassar lakukan sosialisasi di lorong binaan PKK, Kelurahan Camba Berua Kecamatan Ujung Tanah, Selasa (4/6).

MAKASSAR,RAKYATSULSEL- TP PKK Kota Makassar menggelar sosialisasi program "Aku Hatinya PKK" yang berlangsung selama lima hari, mulai 4 hingga 8 Juni 2024. Sosialisasi ini menyasar sejumlah lorong binaan PKK di Kota Makassar.

Program ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya warga di Lorong PKK, untuk memanfaatkan halaman rumah dengan menanam tanaman spesifik yang memiliki ciri khas daerah dan bernilai ekonomi tinggi.

Sekretaris TP PKK Kota Makassar, Bonita Latief, menjelaskan kegiatan Kampung Aku Hatinya merupakan program kerja Pokja III.

"Di perkotaan besar seperti Makassar, masyarakat masih bisa memanfaatkan ruang halaman dengan menanam secara vertikal menggunakan tabulapot atau digantung," kata Bonita.

Bonita menyebut dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat memanfaatlan pekarangan rumahnya untuk dapat menjadi sumber ketahanan pangan keluarga.

Dalam sosialisasi tersebut juga, masyarakat diajak menanam berbagai komoditi pangan yang mengandung B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman), apotek hidup, atau tanaman produktif lainnya.

Sehingga, masyarakat diajarkan tahapan membentuk rumah pangan, mulai dari jenis komoditi pangan B2SA, prinsip menu B2SA, hingga kriteria lokasi rumah pangan.

Melalui program ini, Bonita berharap dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang bergizi.

"Selain itu, mereka juga diberikan edukasi tentang budidaya ikan air tawar dengan sistem aquaponik," tutup Bonita. (Shasa/B)

  • Bagikan