Mulai 19 Juni 2024, Layanan Keberangkatan Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin di Pindahkan

  • Bagikan
Penampakan Terminal Keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin yang baru

MAROS, RAKYATSULSEL - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan memindahkan area layanan penumpang keberangkatan dari terminal lama ke terminal baru bandara mulai 19 Juni 2024. 

Akan ada beberapa perubahan akses dan alur kendaraan serta penumpang diantaranya yaitu perubahan alur kendaraan roda empat yang menurunkan penumpang, alur kendaraan roda empat yang parkir, alur kendaraan roda dua serta alur penumpang transfer. 

Akses masuk ke area check in dan pemeriksaan juga akan mengalami perubahan dari akses sebelumnya. 

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggus Gandeguai menjelaskan, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah melakukan sosialisasi dan familiarisasi ke stakeholder bandara seperti Otoritas Wilayah V Makassar, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar, Maskapai, dan Groundhandling agar setiap petugas dapat mengetahui alur serta proses kerja di terminal baru. 

“Untuk memastikan sarana dan fasilitas dapat berjalan dengan baik, Kami telah melakukan sosialisasi dan percobaan dengan stakeholder bandara. Per tanggal 19 Juni 2024 sampai seterusnya, penumpang berangkat  akan dilayani di Terminal Keberangkatan Baru Bandara,” ujar Minggus. 

Minggus juga mengatakan bahwa sudah saatnya untuk pindah ke Terminal Baru secara bertahap. Pertama memindahkan layanan keberangkatan terlebih dahulu. 

PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan sebagian area di Terminal Baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan luasan area seluas 9.139 m2 untuk area check in dan 5.336 m2 untuk area pemeriksaan penumpang serta jalur menuju ke ruang tunggu.

Penumpang transfer tetap keluar melalui area kedatangan eksisting dan akan tersedia shuttle bus untuk mengangkut penumpang transfer menuju ke terminal baru. 

“Penumpang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama sekitar 10 - 15 menit dari Area Check In ke Ruang Tunggu. Oleh karena itu kami menghimbau agar para penumpang dan pengantar untuk memperhatikan penunjuk arah yang ada agar tidak salah arah serta datang 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan.” tambah Minggus. 

Selain menyediakan penunjuk arah, pihak pengelola bandara akan mengerahkan petugas “Helper” yang siap membantu penumpang membutuhkan agar tidak salah jalur di Terminal Baru ini. (Hikmah/B)

  • Bagikan