5 Perguruan Tinggi Swasta Ternama di Makassar

  • Bagikan
Universitas Ciputra (UC) Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Setiap anak di Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan memiliki hak untuk mengenyam pendidikan bukan hanya dijenjang SD, SMP dan SMA tetapi juga di jenjang perguruan tinggi. Di Makassar berbagai perguruan tunggi hadir sebagi wadah keilmuan yang lebih mendalam sesuai pilihan karir yang diminati masing-masing orang. 

Selain kampus negeri, Makassar juga punya segudang kampus swasta yang bisa menjadi pilihan melanjutkan pendidikan. Data dari Satuan Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), jumlah perguruan tinggi swasta yang terdaftar di Makassar sebanyak 65 perguruan tinggi. Banyaknya perguruan tinggi kadang membuat bingung, lantas bagaimana menentukan kampus yang tepat untuk melanjutkan pendidikan dan meraih cita-cita. Berikut lima kampus swasta ternama di Makassar yang bisa dijadikan rujukan agar bisa menjadi pebisnis sukses atau mudah mendapatkan pekerjaan.

1.Universitas Ciputra Makassar
Universitas Ciputra (UC) Makassar merupakan salah satu kampus swasta terkemuka di kota Makassar yang berada dikawasan elit Center Point of Indonesia (CPI). Meski baru 2 tahun di Makassar, Kampus besutan Ciputra Group ini telah besar dan memiliki nama baik di luar Makassar, salah satunya di Surabaya. UC Surabaya bahkan masuk 55 kampus terbaik nasional.  

Pertimbangan lain adalah fasilitas UC Makassar yang diatas rata-rata kampus di Makassar. Sensasi bekuliah dengan panorama laut ditambah bangunan elit, serta fasilitas jempolan tentu menjadi nilai tambah. Jumlah mahasiswa terbatas menjadikan pembelajaran di Universitas Ciputra lebih fokus, ditambah tenaga pengajar yang  profesional menambah nyaman suasana perkuliahan. 

Selain itu, ativitas perkuliahan di Universitas Ciputra lumayan berbeda, mengembangkan bisnis seperti berjualan di tenant, membantu pengusaha kecil mengatur keuangan, membuka studio foto hingga membuat startup menjadi pemandangan sehari-hari. Bakat mahasiswa tak lupa dikembangkan, terbukti pada event di Universitas Ciputra Makassar, pentas drama hingga tari Kpop ditampilkan para mahasiswa.

Chairman Universitas Ciputra, Dr. Ir. Tony Antonio, M.eng. mengungkapkan kehadiran UC di Makassar untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia Timur. "Ini mencerminkan komitmen kami memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan zaman dan industri.Kami ingin melahirkan para pemimpin, pengusaha dan profesional yang cakap dan berkarakter serta siap untuk berkontribusi bagi kemajuan Makassar," ujar Antonio kepada Harian Rakyat Sulsel.

Beberapa program studi yang bisa dipilih di UC Makassar antara lain: 
1.Manajemen yang terdiri dari:
Manajemen Bisnis Internasional
Manajemen Bisnis Digital
Manajemen Komunikasi Bisnis
Manajemen Bisnis Kuliner

  1. Desain Komunikasi Visual yang terdiri dari:
    Desain Grafis
    Ilustrasi Digital
    Desain Media Digital
  2. Informatika yang terdiri dari: Pengembangan Aplikasi (Full Stack)
    Kecerdasan Buatan atau AI
  3. Magister Manajemen
    Peluang kerja setelah menyelesaikan pendidikan di UC Makassar terbilag besar, terlebih Group yang menaunginya merupakan salah satu Group property terbesar di Indonesia. Meski demikian, UC menekankan kemandirian dimana diharapkan para mahasiswa mampu membangun bisnis sendiri.

2.Kalla Institute
Kampus besutan tokoh kenamaan Sulsel, Jusuf Kalla yang baru saja merayakan Diesnatalis dan genap 5 tahun di bulan juli 2024 ini merupakan salah satu kampus ternama di Kota Makassar. Dibawa naungan Kalla Group, mahasiswa Kalla Institut memiliki peluang besar bekerja di 8 unit bisnis Kalla Group yakni bisnis Otomotif, Property, Konstruksi, Energi, Transportasi dan logisik, Retail, Finance hingga Kehutanan. Meski demikian, sama dengan Universitas Ciputra, Kalla Institut menekankan kepada mahasiswa untuk membuka lapangan kerja ketimbang menjadi pekerja.

Dosen di Kalla Institut adalah para ahli yang sengaja didatangkan dari luar kota, bahkan lulusan luar negeri untuk menunjang keilmuan para mahasiswa. Gedung perkuliahan Kalla Institute juga tak kalah elit, berada dikawasan pusat perbelanjaan milik Kalla Group Nipah Park.

Rektor Kalla Institute, Syamril S. T., M.pd mengatakan, sejak hadir di tahun 2019, pihaknya berupaya berpartisipasiaktif menyiapkan mahasiwa yang berdaya saing, "Kami memiliki misi dapat menyiapkan generasi muda ke depan yang mampu membuka lapangan kerja dan siap bersaing di era Indonesia Emas," ucapnya.

Saat ini, Kalla Institut membuka 4 progrm studi antara lain Kewirausahaan, Management Retail, Bisnis Digitak dan Sistem Informatika.

3.Universitas Bosowa
Universitas Bosowa (Unibos) Makassar dahulu dikenal sebagai Universitas 45. Nama tersebut berubah setelah kepemilikan yayasan beralih dari tangan Andi Sose ke Tangan Aksa Mahmud.  berada di jalan Urip Sumiharjo, Unibos Makassar mengusung konsep kampus Kewirausahaan dan Teknologi Informasi. Kampus ini terdiri dari 9 fakultas dan kurang lebih 32 jurusan. Kampus Unibos menjadi salah satu yang diminati mahasiswa dari dalam maupun luar Sulsel. Ini terbukti pada penerimaan mahasiswa baru di penghujung 2023 lalu, 3000 lebih mahasiswa mendaftar dikampus yang memiliki julukan "Kampusnya Bos-bos" ini.

  • Bagikan