Ini Hasil Pengawasan Bawaslu Maros dalam Pelaksanaan

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Kabupaten Maros, Saiyed Mahmuddin Assaqqaf saat melakukan monitoring pengawas pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros mengidentifikasi sejumlah isu penting dalam pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan yang akan datang.

Temuan ini berdasarkan laporan dari berbagai sumber serta hasil pengawasan langsung di lapangan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Maros, Saiyed Mahmuddin Assaqqaf menyampaikan bahwa terdapat beberapa masalah signifikan yang memerlukan perhatian.

"Dalam beberapa kasus, kami menemukan Pantarlih menggunakan stiker coklit yang tidak sesuai dengan wilayah kecamatan, seperti penggunaan stiker bermaskot," ujar Saiyed Mahmuddn Assaqqaf.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas bahwa terdapat sejumlah pemilih disabilitas yang memenuhi syarat namun tidak dimasukkan dalam daftar pemilih atau tidak dituliskan pada stiker coklit.

Isu lain yang menjadi sorotan adalah adanya pemilih yang memenuhi syarat namun tidak dicoklit. "Beberapa pemilih yang sudah berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara, pemilih yang merantau, dan pemilih potensial lainnya tidak dicoklit atau tidak dimasukkan dalam daftar pemilih," lanjutnya.

Saiyed juga menyoroti ketidaksesuaian proses dan penggunaan atribut oleh Pantarlih.

"Kami menemukan beberapa Pantarlih yang tidak memakai atribut atau tanda pengenal saat bertugas, melimpahkan tugas ke orang lain, atau tidak menempelkan stiker coklit dengan benar," tegasnya.

Saiyed Mahmuddn Assaqqaf juga mengungkapkan adanya perbedaan TPS dengan alamat domisili yang tercatat di KK, serta pemilih yang memilih di desa yang berbeda dengan tempat domisili.

Dari berbagai temuan ini, Bawaslu Kabupaten Maros menekankan pentingnya perbaikan dalam pendataan, serta akurasi data dalam proses administrasi.

"Langkah-langkah ini sangat diperlukan untuk memastikan partisipasi semua pemilih," pungkasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan