PKS Sulsel Libatkan DPP Uji Lima Cagub Sulsel

  • Bagikan
Ketua PKS Sulsel Amri Arsyid

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan melakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan atau Fit and Proper Test terhadap lima bakal calon Gubernur Sulsel dengan melibatkan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Senin depan kami akan melakukan Fit and Proper Test terhadap calon Gubernur Sulsel," kata Ketua PKS Sulsel, Amri Arsyid, saat dihubungi harian Rakyat Sulsel.

Dirinya menyebutkan bahwa sekitar 5 kandidat calon Gubernur menunjukkan minat dari partai yang berhasil meraih 7 kursi ini. Mereka adalah Ilham Arief Sirajuddin, Danny Pomanto, Annar Sampetoding, Andi Sudirman Sulaiman, dan Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki.

"Uji kelayakan ini kami lakukan dengan melibatkan internal PKS dari pimpinan wilayah, ditambah dari DPP. Mengenai perwakilan dari DPP, saya belum mengetahui siapa yang akan hadir," ujarnya.

Amri menjelaskan bahwa Fit and Proper Test akan menggali komitmen para calon terhadap pembangunan di Sulsel, termasuk komitmen mereka terhadap kemajuan PKS.

"Yang tidak kalah pentingnya, kami juga akan mengevaluasi kekuatan mereka, baik secara elektoral maupun finansial, serta kesiapan mereka," tambahnya.

Untuk Andi Sudirman Sulaiman, PKS memiliki catatan tersendiri. PKS merupakan salah satu partai pendukung dari Adik Menteri Pertanian ini. Pada Pemilu 2019, PKS berhasil meraih 8 kursi dan masuk sebagai unsur pimpinan di DPRD Sulsel, namun pada Pemilu Februari kemarin, PKS mengalami penurunan dengan hanya memperoleh 7 kursi dan kehilangan kursi pimpinan DPRD Sulsel.

"Kami tentu memiliki catatan, tapi kondisi yang kita hadapi kemarin akan berbeda dengan tantangan ke depan (lima tahun ke depan). Sebelumnya, dia (Andi Sudirman) mendukung Pak NA (Nurdin Abdullah), tetapi sekarang dia maju sendiri, jadi kami akan menilai komitmennya ke depan," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan