Aerobatic Show Pukau Warga Makassar

  • Bagikan
MONUMEN MNEK. Penerjun payung melakukan atraksi jelang pembukaan F8 Makassar di kawasan tugu Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Center Point of Indonesia, Rabu (24/7/2024)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar 2024 resmi dibuka, malam tadi, di kawasan tugu Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Center Point of Indonesia, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Sejak petang, rangkaian acara dimulai dengan penampilan arobatic show hingga jetski. Sekitar pukul 17.00 Wita, atraksi aerobatik Sukhoi dari TNI Angkatan Udara menghiasi udara kawasan Pantai Losari. Dua unit Sukhoi berangkat dari Landasan Udara Sultan Hasanuddin.

Aerobatik show menampilkan sejumlah formasi atraksi. Pandangan seluruh pengunjung F8 langsung tertuju pada atraksi tersebut. Atraksi udara atau aerobatic show tersebut memanjakan para pengunjung F8 Makassar 2024 yang dipandu oleh Lettu PnB Fikri Hira Muzaki dan Letda PnB Candra.

Salah satu pesawat yang ditampilkan yakni, atraksi Pesawat Boeing 737-200 milik Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Pesawat Boeing 737-200 mampu melakukan operasi intelijen pengamatan dan pengintaian udara untuk memetakan kekuatan lawan, sasaran, dan hasil penyerangan yang dihancurkan oleh pesawat sukhoi yang berada dalam wilayah musuh.
Bertindak sebagai captain pilot Pesawat Boeing 737-200 Letkol PnB Devi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 5.

Pesawat Boeing 737 intai maritim milik TNI AU mempunyai durasi terbang selama 3 jam nonstop serta dapat menjelajah sejauh 2.400 kilometer sehingga sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai misi intai.

Khususnya maritim. Boeing 737 Surveillance Skadron Udara 5 juga telah dilengkapi dengan sensor kamera resolusi tinggi MX-20HD.
Kamera ini mampu melakukannya tugas intelijen pengawasan dan pengintaian yang dilakukan oleh pesawat patroli maritim dengan ketinggian 35.000 kaki atau setara dengan 10,6 kilometer. Kamera ini juga mampu melakukan misi pengawasan yang dilakukan secara 24 jam terus menerus dengan wide angle zoom.

Pesawat Boeing 737-200 ini juga pernah dikerahkan Lanud Sultan Hasanuddin untuk mencari pesawat Smart Air yang hilang kontak dan diduga jatuh di Nunukan Kalimantan Utara Maret 2024 lalu.

Selain aerobatik show, pembukaan F8 ini juga menampilkan atraksi jetsky dan flyboard. Ini sudah menjadi agenda rutin dalam pembukaan F8 Makassar. Adapun opening ceremoni digelar pukul 20.30 Wita. Kegiatan ini akan dihadiri oleh jajaran petinggi pemerintahan Kota Makassar, Pemprov Sulsel, dan pihak kementerian pariwisata.

F8 merupakan event pariwisata tahunan Kota Makassar. Kegiatan ini menggabungkan delapan festival kesenian dalam satu waktu, yang terdiri dari festival food, fashion, fusion Music, film, fine art, fiction writers, folks, dan flora fauna.

Di tahun ini, Pemerintah Kota Makassar mengusung tema "The Unity" dalam penyelenggaraan F8. Tema tersebut merupakan kelanjutan dari tema sebelumnya yakni "The Next Gen Treasure".

Melalui tema tersebut, Festival F8 Makassar 2024 akan lebih menekankan keragaman budaya Nusantara yang disatukan melalui proses kontemporer seni yang orisinal. Seperti keunikan suku Betawi sebagai bagian dari masyarakat Makassar yang berbaur dengan tradisi Bugis Makassar, tradisi Suku Batak yang memiliki kemiripan kultur dengan suku Toraja, semua akan diangkat sebagai bagian dari penyatuan Nusantara dan dunia pada Festival F8 Makassar.

Selain menampilkan budaya Nusantara, festival ini juga akan menampilkan beragam kebudayaan asing dari negara-negara yang terlibat, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, India, dan lainnya. Negara-negara tersebut akan mengisi tenant dan memperkenalkan kebudayaannya masing-masing.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku dengan F8 Makassar telah mengubah citra Kota Makassar di mata nasional hingga internasional. Yang mana, kata Danny, dulunya Makassar dikenal dengan citra negatifnya yakni sebagai kota demonstrasi. Namun, citra negatif tersebut berhasil diubah melalui F8 Makassar.

"F8 adalah Makassar karena F8 membuat Makassar re-branding (citra ulang) dirinya menjadi kota festival yang selama ini banyak dikenal sebagai kota demonstrasi," imbuh Danny.

Ajang ini menjadi tempat para kreator dan pengusaha memanggungkan produk dan kreativitas. Tentu saja aspek ekonomi juga, termasuk kebangkitan ekonomi terkhusus UMKM. (shasa anastasya/B)

  • Bagikan