Puncak Kemarau Diprediksi Agustus, Disnakeswan Sulsel Imbau Antisipasi Kelangkaan Pakan

  • Bagikan
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan, Nurlina Saking

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurlina Saking menghimbau kepada seluruh peternak untuk sedini mungkin untuk mempersiapkan antisipasi kelangkaan pakan ternak.

Terutama untuk, pakan yang bersumber dari tumbuhan atau tanaman yang tentu berkaitan langsung dengan kondisi alam, apalagi periode musim kemarau juga telah masuk ke beberapa wilayah yang ada di Sulsel.

Ia mengatakan pada fenomena El Nino tahun 2023 lalu, harus menjadi pelajaran, sebab dampaknya tak main-main terhadap hewan ternak, dan Sulsel sendiri kala itu tidak siap menghadapi kekeringan.

Merujuk pada hal tersebut, pihaknya akan melakukan pelatihan terkait dengan pembuatan pakan ternak dan cara menyimpan pakan ternak menghadapi musim kemarau.

“Peternak sebenarnya sudah paham, mungkin mereka kurang cermat. Kita akan siapkan kegiatan pelatihan itu,” ungkapnya kepada Rakyat Sulsel.

Ia melanjutkan, salah satu hal yang menjadi atensi adalah mempersiapkan penyimpanan pakan ternak. Menyoal kegiatan peternakan, 80 persen operasionalnya berada pada pakan. Tentu penguasaan teknik mengelola pakan akan menjadi poin penting pada peternakan.

Bahkan kata dia, agar menyeluruh pelatihan juga akan massif dilakukan pemberian teori via dalam jaringan.

“Kita juga akan massif terus sampaikan melalui media sosial yang ada dan informasinya dapat dilihat langsung oleh masyarakat,” kuncinya.

  • Bagikan