Inovasi Baru Mahasiswa Unhas: Rintis Usaha Kuliner Sehat, Rendah Karbo dan Lemak

  • Bagikan
Inovasi Mahasiswa Unhas dibidang Kuliner

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menyadari rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, terutama dari segi pola makan, mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) mengembangkan usaha kuliner yang berfokus pada makanan sehat.

Mereka adalah lima mahasiswa yang tergabung dalam Program Pembinaan Wirausaha oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Usaha kuliner sehat inj diberi nama Silow, atau nasi low carbo ayam low fat. Ketua tim, Nahda Shafiyah Luthfa, menjelaskan, poduk yang ditawarkan oleh mereka memiliki keunikan tersendiri.

"Nasi yang digunakan merupakan nasi rendah karbohidrat atau gula, sementara ayam yang disajikan mengandung lemak yang sangat rendah. Lebih lagi, minyak yang digunakan untuk memasak adalah minyak zaitun atau olive oil yang dikenal lebih sehat," ujarnya, Rabu (31/7/2024)

Lanjut dia, dalam proses memasaknya, nasi dimasak menggunakan rice cooker low carbo, yang dirancang khusus untuk mengurangi kandungan karbohidrat. Sementara itu, ayam yang digunakan adalah dada ayam tanpa lemak.

"Dimarinasi untuk mengurangi sisa lemak dan kemudian dimasak menggunakan oven, memastikan kandungan lemak yang sangat rendah," jelas Nahda yang merupakan mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian.

Nahda menambahkan, usaha kuliner sehat ini sudah berjalan dua bulan. Adapun strategi pemasaran yang digunakan juga cukup beragam. Produk ini dipasarkan secara online melalui platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, serta melalui sistem pre-order.

Selain itu, mereka juga aktif memasarkan secara offline di Car Free Day (CFD), menggunakan banner, brosur, loyalty card, voucher diskon, dan word of mouth.

  • Bagikan