Cara Mudah Dan Sederhana Bersihkan Mika kendaraan

  • Bagikan
Tidak semua masalah buram mika lampu utama mobil bisa diselesaikan memakai pasta gigi, namun bahan ini bisa jadi cara mudah membersihkannya sendiri.

RAKYATSULSEL - Anda mungkin pernah dengar seseorang membersihkan mika lampu utama mobil yang menguning memakai pasta gigi. Hal ini memang bisa dilakukan sebagai alternatif tetapi perlu diingat tak selamanya efektif karena tergantung kerusakan dan jenis komponen.
Lampu utama mobil ibarat mata seseorang, bagian ini adalah yang pertama dilihat orang lain saat berinteraksi. Mika lampu mobil menguning atau buram bisa merusak estetika, selain itu menyimpan risiko keselamatan.

Mika yang seperti itu dapat mengurangi efektivitas pencahayaan, terlebih ketika sedang berkendara saat malam hari.

Sebelum Anda terburu-buru ambil keputusan mengganti mika lampu utama dengan yang baru sebaiknya simak dulu cara mengatasi buram atau menguning memakai pasta gigi.

Pasta gigi sendiri mengandung bahan pemutih seperti baking soda dan peroksida yang berguna untuk membersihkan dan menjernihkan mika lampu utama mobil.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membasahi permukaan mika dengan air lalu keringkan pakai kain bersih hingga tak ada air tersisa.

Kemudian oles pasta gigi merata pada seluruh permukaan mika dan biarkan beberapa menit. Pastikan setiap bagian terolesi.

Semprotkan air agar pasta gigi basah lalu gunakan sikat gigi atau kain bersih untuk menggosok permukaan mika lampu secara keseluruhan hingga bersih.

Bilas lampu dengan air bersih dan keringkan memakai kain bersih sampai tak ada sisa pasta gigi dan air.

Anda juga bisa melakukan hal ini pada bagian dalam mika untuk hasil lebih optimal.

Pasta gigi bisa dipakai buat membersihkan mika namun yang kondisinya belum begitu parah. Jika sudah dilakukan tetapi mika tetap buram ada baiknya Anda menggunakan produk poles khusus atau konsultasikan dengan bengkel perawatan bodi.

  • Bagikan