Pemenang Pileg di Sulsel, NasDem Hanya Ban Serep untuk Pilgub dan Pilwalkot

  • Bagikan
Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai NasDem adalah partai politik (parpol) pemenang pileg di Sulsel pada pemilu 14 Februari lalu. Di mana, partai besutan Surya Paloh itu meraih 17 kursi. Prestasi itu jadi yang terbanyak di DPRD Sulsel sehingga bisa mengusung kader tanpa harus koalisi.

Capaian itu juga di Kota Makassar. Partai NasDem mengunci 8 kursi. Hanya butuh 2 kursi lagi mengusung sendiiri figur internal jadi 01 di Pilwali. Sayangnya, partai yang dipimpin Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse alias RMS tidak mampu mencalonkan kader sediri jadi 01 di Pilgub dan Pilwali 2024.

Padahal jauh hari, pada kesempatan lain digaungkan bahwa pemenang pemilu menjadi calon 01 di musim pilkada. Faktanya, NasDem seperti raja kehilangan mahkota, hanya menjadi Ban serep untuk Pilgub dan Pilwalkot 2024.

Di Pilgub Sulsel misalnya, NasDem secara blak-blakan mengusung dan mendeklarasikan calon Gubenur non kader Andi Sudirman Sulaiman menjadi 01. Sedangkan kadernya Fatmawati Rusdi sebagai 02, nebeng pada mantan Gubernur Sulsel di hajatan pilkada serentak 27 November akan datang.

Begitu juga di pentas Pilwalkot Makassar 2024. NasDem lebih memilih menjadi "ban serep" mendorong kader Rezki Mulfiati Lutfi sebagai 02 berdampingan dengan kader Gerindra Andi Seto Gadhista Asapa, sebagai 01 di Kota Daeng.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse merespon terkait adanya adanya issu NasDem tidak mengusung kader internal di Pilgub Sulsel dan Pilwali Makassar 2024.

"Soal 02 Pilgub dan Pilwali? Saya bilang mungkin kita lihat potensinya agak bagus, kepentingan orang banyak, kemasalahtan. Bukan cuman satu, banyak orang yang dikasih maju, ada beberapa, banyak pertimbangannya," jelas RMS saat dimintai tanggapan, Jumat (2/8).

Anggota DPR RI itu menegaskan, partai NasDem menjadi pemenang di Sulsel dan Kota Makassar serta beberapa daerah lain. Itu tidak mestinya mengusung kader jadi 01. Karena bukan juga suatu keharusan.

"Partai pemenang tidak mesti 01? Buktinya NasDem kan. Jadi 02 tidak masalah, realitanya sudah begitu," tutur mantan Bupati Sidrap dua periode.

Dari data dihimpun Wartawan Harian Rakyat Sulael. Untuk pilkada 2024 di Sulsel. Adapun daerah yang NasDem tidak mengusung kader internal yakni 9 daerah. Diantaranya, Kabupaten Gowa, Takalar, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Barru, Maros, Luwu Utara.

  • Bagikan