Dispar Bakal Usul Kota Makassar Masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Muhammad Roem, mengikuti rapat koordinasi seleksi nasional pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN) tahun 2025, yang berlangsung di Ruang Rapat Dispar pada Selasa, (20/8). (Sasa/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Muhammad Roem mengikuti rapat koordinasi seleksi nasional pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN) tahun 2025, yang berlangsung di Ruang Rapat Dispar pada Selasa, (20/8).

Pada rapat tersebut, Roem--sapaan akrabnya, berencana mengusulkan Kota Makassar untuk masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network - UCCN) pada kategori gastronomi atau kuliner.

Roem optimis Makassar masuk UCCN dalam kategori Gastronomi, terlebih karena Makassar kuat dalam brandingnya sebagai '"Kota Makan Enak".

"Makassar memiliki kuliner cita rasa yang khas, tersedia 24 jam dan sejarahnya yang unik. Saya sangat meyakini Makassar mampu mewakili Indonesia dalam kategori Gastronomi," ujar Roem.

Ia menjelaskan, terdapat lima kota di Indonesia yang telah masuk dalam UCCN. Di antaranya, Pekalongan dan Surakarta masuk dalam kategori Craft and Folk Arts, Ambon di kategori Musik, Bandung di kategori Desain, dan Jakarta di kategori Literasi.

  • Bagikan