KPU Takalar Tetapkan 229.449 DPT, Komisioner Bawaslu Sulsel Ingatkan Soal Minimalisir Pemilih Potensi DPK

  • Bagikan
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Takalar digelar hari ini, Jum'at (20/9). (Tiro/A)

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Takalar digelar hari ini, Jumat (20/9).

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful Jihad turut hadir monitoring pengawasan Rekapitulasi dan Penetapan DPT di KPU Takalar bersama Anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Ahmad Adiwijaya yang dihadiri oleh Perwakilan Pj. Bupati Takalar.

Kemudian, Ketua dan Anggota KPU Takalar, Pimpinan Bawaslu Takalar, Forkopimda, LO para Bapaslon, PPK serta Panwascam se-Kabupaten Takalar peserta Rekap Pleno DPT.

Syaiful Jihad berharap Rekapitulasi dan Penetapan DPT di tingkat Kabupaten/Kota telah selesai dengan sebaik-baiknya, tidak ada lagi yang terlupakan untuk mengakomodir warga yang Memenuhi Syarat (MS) sebagai pemillih maupun yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Pemilihan serentak tahun 2024.

"Kami harap hari ini tuntas Penetapan DPT di tingkat Kabupaten/Kota, mengupayakan agar meminimalisir pemilih potensi Daftar Pemilih Khusus (DPK) nantinya, agar pada Pleno tingkat Provinsi tinggal melakukan Rekapitulasi DPT Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan," ujar Saiful Jihad.

Terpisah, Kordiv HPPH Bawaslu Takalar, Zahlul Padil menyampaikan untuk rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT yakni Laki-laki 109.820, Perempuan 119.629 dengan total 229.449.

Kata dia, masih banyak pemilih baru yang belum memiliki KTP-el yakni 5.995 pemilih. Sehingga menyarankan harus ada rekap pemilih non KTP-el dimasing-masing kecamatan untuk dapat dikoordinasikan kepada Disdukcapil untuk pembuatan KTP-el.

"Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih terus berlanjut hingga tahapan Pemungutan Suara pada Pemilihan serentak di Kabupaten Takalar," tutup Zahlul. (Tiro)

  • Bagikan