Survei Pilkada Sidrap: Hamas Na Vs DoaTa Bersaing Ketat

  • Bagikan
Hasil Survei

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lembaga survei nasional, Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei terbarunya untuk Pilkada Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024.

Hasilnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati, Syaharuddin Alrif-Nur Kanaah (SAR-Kanaah), semakin jauh di posisi di atas mengungguli dua pasangan lainnya. Elektabilitas pasangan nomor urut 2 itu, menembus angka 73,6%.

Sementara pasangan H Mashur-H Muh Nasiyanto (Hamas na) mengantongi elektabilitas 10,7%, dan Muhammad Yusuf Dollah-Muhammad Datariansyah Indra Hamzah (DoaTa) hanya 5%. Sisanya, yakni 7,7% belum memutuskan pilihannya, dan 3% tidak menjawab dan merahasiakan.

Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni menguraikan, hasil survei yang digelar lembaganya 2-10 Oktober 2024 menggunakan multistage rendom sampling dengan melibatkan 800 responden. Margin of error plus minus 3,5%.

Selain elektabilitas, JSI yang dikenal sebagai lembaga survei kredibel dan pernah mencatatkan rekor MURI, juga memotret strong supporters atau pemilih yang sulit lagi mengalihkan dukungannya ke kandidat lainnya. Syaharuddin 57,6%, Mashur 7,1% dan Yusuf Dollah 2,4%. Sisanya, ada 22,1% memungkinkan berubah pilihan, dan 10,7% tidak tahu/belum memutuskan/rahasia.

“Pengalaman kami, dengan selisih yang sangat jauh ini, maka SAR-Kanaah sangat sulit lagi terkejar oleh pasangan lainnya di sisa waktu yang ada jelang pencoblosan,” tandas Popon.

Popon menambahkan, di potret prilaku pemilih di temuan surveinya itu, ada tiga alasan utama para responden/pemilih dalam menentukan pilihannya. Masing-masing, kepribadian dari calon 54,1%, kemampuan kandidat dalam mengatasi malasah 15,3%, dan isu yang diangkat kandidat di Pilkada 10,8%.

Bukan hanya itu, di semua segmentasi yang terekam di survei, SAR Kanaah juga unggul jauh. Seperti pilihan warga di perkotaan dan pedesaan/pelosok. Begitu pula untuk di segmen pemilih perempuan dan laki-laki, pemilih melinial, dan pemilih 20 tahun ke atas.

Di hampir semua Kecamatan yang dibagi berdasarkan empat dapil, SAR Kanaah juga unggul jauh. Masing-masing, Dapil I 78,5%, Dapil II 70,2%, Dapil III 69,3%, dan Dapil IV 76,9%. (Suryadi/A)

  • Bagikan