PINRANG, RAKYATSULSEL — Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang menggelar Excellent Service Training atau pelatihan layanan prima bagi seluruh pegawainya, Kamis (22/5/2025).
Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BRI Cabang Pinrang dan dirangkaikan dengan evaluasi standar pelayanan di lingkungan Rutan.
Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Pinrang, Sahril Efendi DM, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya penguatan kompetensi dan etika pelayanan bagi seluruh jajaran.
“Pelayanan yang baik adalah wajah dari institusi. Kita ingin setiap petugas mampu memberikan layanan yang profesional, cepat, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat,” ujar Sahril.
Sebagai narasumber utama, Novie Prisella selaku Consumer Business Manager dari BRI Cabang Pinrang memaparkan materi seputar strategi pelayanan unggul, pengelolaan keluhan, hingga teknik membangun hubungan yang baik dengan penerima layanan.
“Budaya pelayanan prima itu harus dibangun dari dalam. Dimulai dari sikap, komunikasi, hingga bagaimana kita memahami kebutuhan pengguna layanan,” ungkap Novie dalam sesi pelatihan.