Gelar Operasi Keselamatan, Polres Parepare “Pelototi” Pengendara Jenis Ini

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Kepala Kepolisian Resor Kota Parepare, memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka pimpin Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan, Selasa(1/3/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa Pejabat Forkopimda, Kepala Dinas Pehubungan, Kasatpol PP, serta diikuti puluhan personel gabungan TNI-Polri, yang digelar di Halaman Mapolres Parepare, Selasa (1/3/2022).

Kegiatan Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pemimpin Apel dan dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Keselamatan Tahun 2022, kepada 3 anggota perwakilan masing-masing Satuan lalu Lintas,,Den POM, dan Dinas Perhubungan, yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono, usai pelaksanaan Apel menjelaskan, Ops Keselamatan Tahun 2022 merupakan Operasi cipta kondisi Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 dengan mengutamakan cara bertindak persuasif humanis terhadap pelaku pelanggar lalu lintas dan Protokol Kesehatan.

“Mengingat ini masih dalam situasi pandemi, tentunya diupayakan semaksimal mungkin kepada seluruh petugas untuk dapat memberikan edukasi kepada seluruh warga masyarakat utamanya untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, seperti yang telah tertuang dalam nota kesepakatan bersama antara seluruh instansi kaitannya dengan pembatasan pergerakan masyarakat, itu yang paling utama,”tegas Andiko.

Kapolres baru ini juga menegaskan, beberapa sasaran prioritas pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak, mulai dari penggunaan telepon genggam pada saat mengemudi hingga penegakkan hukum akibat pelanggaran lalu lintas.

Termasuk pula tidak memakai helm SNI saat berkendara sepeda motor, mengemudi dalam pengaruh alkohol, tidak menggunakan sabuk pengamanan atau ugal-ugalan saat mengemudi, juga pelanggaran over dimensi dan kendaraa yang over load.

“Contoh misalkan di dalam mengendarai kendaraan bermotor kita tidak diperkenankan untuk menggunakan handphone. Dikarenakan itu akan mengakibatkan fokus daripada pengendara kendaraan bermotor itu jauh menurun. Itu salah satu contoh pelanggaran yang mungkin akan disasardalam target pelaksanaan operasi kali ini,”tegasnya.

Melalui Operasi Keselamatan Menumbing 2022 ini jajaran kepolisian mengajak seluruh masyarakat untuk tetap tertib berlalu lintas guna terciptanya situasi aman di jalan raya, sembari tetap menegakkan protokol kesehatan.(Yanti)

  • Bagikan