Upaya Pemerataan Kompetensi Pengurus, SLCC-PGRI Parepare Gelar Workshop Keprofesian Guru

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Pengurus Smart Learning and Character Center (SLCC) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Parepare menggelar Workshop Keprofesian Guru.

Pembukaan workshop yang digelar di aula UPTD SMP Negeri 2 Parepare ini diperuntukkan bagi pengurus SLCC dan PGRI Parepare, Senin, (20/6/2022).

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Zakir menguraikan tujuan workshop dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para pengurus sebagai trainer. "Juga sebagai pendamping keprofesian guru minimal di unit kerja masing-masing," ujar Zakir.

Kegiatan workshop ini berlangsung selama tiga hari, yakni 20, 22, dan 25 Juni. "Kegiatan workshop kita laksanakan selama tiga hari di tiga tempat, yakni hari pertama tanggal 20 Juni sekaligus pembukaan di SMP 2, lalu tanggal 22 Juni di SMP 1, dan 25 Juni di SMP 4 Parepare," urai Zakir, sapaan karib Ketua Panitia yang diketahui merupakan guru di UPTD SMP 4 Parepare.

Adapun materi yang dibekali dalam workshop itu, yakni Penyusunan Dupak yang akan dibawakan oleh Andi Rusdi (Pengurus SLCC PGRI Parepare), selanjutnya materi Penilaian Kinerja Guru, Makmur Nonci (Pengawas Tingkat SD Kota Parepare), dan materi Penyusunan SKP oleh Hasrul Akbar (Pengurus SLCC PGRI Parepare).

Sementara, Ketua SLCC PGRI Parepare, Tamrin berharap, pelaksanaan workshop ini dapat meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

"Empat kompetensi ini telah dimiliki oleh teman-teman SLCC PGRI walau kebersamaan kita belum cukup setahun dan kita berharap kompetensi-kompetensi yang telah kita miliki itu dapat kita tingkatkan," detail Tamrin dengan menguraikan contoh-contoh aplikasi dari empat kompetensi yang telah ditunjukkan oleh para pengurus.

Sementara, Ketua PGRI Parepare, HM Makmur yang membuka kegiatan workshop ini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya workshop yang disebutnya sebagai upaya pemerataan kompetensi para pengurus.

"Penting bagi kita untuk penyemarataan kemampuan. Saya berharap nanti para Pengurus SLCC semuanya dapat menjadi narasumber. Apapun pelatihan di sekolah, SLCC harus tampil menghandel kegiatan itu. Itulah sebabbta penting bagi kita menyemaratakan potensi para pengurus," papar Makmur yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare.

Kegiatan workshop itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua PGRI Parepare, Dahlan dan Kepala UPTD SMP Negeri 2 Parepare, Nasriah. (*)

  • Bagikan