Ritual Mappacci Adat Bugis

  • Bagikan

Oleh: Nur Aisyah
Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Parepare

Mengenal makna ritual mappacci, prosesi adat bugis dalam acara pernikahan Andi Cici (sumber dokumen pribadi).

Ritual mappacci adat Bugis merupakan bentuk tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada daerah tertentu, yang dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang yang hingga kini masih berlaku, contohnya Bugis.

Seperti halnya tradisi Bugis Makassar yang masih menggunakan adat mappacci ini. Mappacci berasal dari kata paccing (bersih atau biasa disebut hari pacar) yang merupakan upacara perkawinan adat yang diturunkan secara turun temurun yang bertujuan untuk membersihkan kedua mempelai dari segala hal yang tidak baik yang dapat menjadi penghambat dalam melaksanakan adat perkawinan.

Ritual mappacci adat bugis tidak hanya untuk calon mempelai wanita saja, melainkan mempelai pria juga melakukannya. Dimana pada saat berlangsungnya acara mappacci, mempelai didampingi oleh kedua orang tuanya sendiri.

Didalam menyelenggarakan adat mappacci kedua calon mempelai harus menyiapkan perlengkapan sebelum acara dilaksanakan. Adapun perlengkapan yang disediakan kedua mempelai yaitu lilin menyala, beras, bantal yang diletakkan di depan calon pengantin, sarung yang berlapiskan tujuh lembar, daun pisang, daun nangka dan daun pacci.

Dimana perlengkapan tersebut ternyata memiliki maknanya masing masing yaitu:

  • Bagikan