Danny Pomanto Kukuh Elevated, Pemprov Setujui Darat

  • Bagikan
Penentuan Lokasi Jalur Kereta Api di Makassar Kisruh

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto kukuh untuk membangun rel kereta api (RKA) melayang (elevated) yang rutenya melintasi Makassar.

Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mempersilahkan Kereta Api Sulsel melewati wilayah Makassar lewat jalur bawah (at-grade).

Danny mengatakan, Pemerintah Kota Makassar tidak mempermasalahkan tentang kelanjutan pembangunan kereta api ini, akan tetapi juga harus memperhatikan otonomi daerah.

Danny menegaskan, kukuh menginginkan elevated karena ingin menjaga Kota Makassar dari potensi menimbulkan kemacetan dan banjir.

"Mestinya rel dengan sistem elevated karena kalau bukan akan ada dampak yang dapat di timbulkan. Jika rel kereta api yang non elevated ini memiliki tinggi 2 meter dari permukaan tanah," ungkap Danny Pomanto, Minggu (7/8).

"Hal bisa menjadi salah satu penyebab banjir dan Makassar adalah kota padat penduduk. Sehingga rakyat ini kemungkinan banjir jika tidak di elevated. Katanya mahal, kenapa buang uang bukan untuk rakyat," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Makassar, Fahyuddin Yusuf mengatakan, Pemerintah Kota Makassar sangat berkeinginan untuk rel kereta api ini dengan sistem elevated.

  • Bagikan