Terpakan Pola Hidup Sehat Hindari Penyakit Saat Musim Hujan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare mengingatkan agar masyarakat senantiasa waspada terhadap penyakit yang sering terjadi khususnya saat musim hujan.

Kabid Infokom RSUD Parepare, Hj Mukarramah menyampaikan, agar tetap menjaga imunitas serta kebersihan di lingkungan sekitar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, utamanya kesehatan tubuh.

"Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk diri kita dan orang lain," pesannya, Kamis (15/12/2022).

Hj. Mukarramah menjelaskan, ada beberapa penyakit yang sering terjadi saat musim hujan, yaitu Diare, Demam Berdarah, dan Influenza.

Menurutnya, penyebab Diare adalah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare disebabkan oleh bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella dan lain-lain.

"Pencegahannya dengan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan," ungkapnya.

Sementara penyakit demam berdarah, lanjut dia, disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini, sering terjadi di musim hujan saat perkembangbiakan nyamuk meningkat.

"Pencegahannya dengan melakukan 3M Plus yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat air dan Memanfaatkan barang-barang bekas serta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)," jelas dia.

Sementara influenza, yaitu penyakit yang virusnya menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

"Pencegahannya dengan olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu," tandasnya.
(*)

  • Bagikan