Perayaan Imlek di Makassar Berlangsung Kondusif

  • Bagikan
Sejumlah personel polisi menjaga dua klenteng dan tiga vihara. Seperti Klenteng Xian Ma dan Klenteng Kwan Kong, kemudian Vihara Agung Bahari, Vihara Dharmaloka dan Vihara Budha Matheria.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perayaan Imlek 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berlangsung aman dan kondusif. Ratusan aparat keamanan dilibatkan untuk melakukan penjagaan ketat di kelenteng dan vihara, khusunya pada Sabtu malam (21/1), atau tepat pada malam pergantian Tahun Baru China yang jatuh pada Minggu 22 Januari 2023.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto menjelaskan, pengamanan akan dilakukan pihaknya hingga 5 Februari mendatang atau tepat pada pelaksanaan Cap Go Meh. Kepolisian akan melaksanakan sterilisasi di lokasi ibadah dengan melibatkan Brimob.

"Kita lakukan pengamanan dan sterilisasi lokasi mulai Sabtu 21 Januari kemarin, kemudian Minggu 22 Januari. Lanjut pada tanggal 29 Januari hingga Sabtu 5 Februari. Karena puncaknya itu pada Sabtu 5 Februari, yakni Cap Go Meh," kata AKBP Yudi saat dikonfirmasi, Senin (23/1/2023).

Personil dari Polres Pelabuhan Makassar yang dilibatkan untuk melakukan pengamanan sebanyak 125 orang, meraka ditugaskan untuk melakukan penjagaan dan pengamanan di dua klenteng dan tiga vihara. Seperti Klenteng Xian Ma dan Klenteng Kwan Kong, kemudian Vihara Agung Bahari, Vihara Dharmaloka dan Vihara Budha Matheria.

"Dari 125 orang ini mereka akan dibagi, baik itu yang patroli ataupun yang pengamanan klenteng," sebutnya.

Dalam pengamanan pun anggota kepolisian tidak akan dilengkapi senjata api guna kenyamanan masyarakat, khususnya yang melaksanakan ibadah. Pengamanan akan lebih difokuskan pada pengaturan lalulintas agar tak terjadi kemacetan. Termasuk pengawalan sejumlah kegiatan Cap Go Meh nantinya.

Yudi mengatakan akan memanggil EO atau panitia pelaksana Cap Go Meh untuk membahas proses pelaksanaannya. Termasuk untuk membahas tempat-tempat yang akan dilalui saat perayaan.

"Hal-hal yang kita antisipasi, pertama kalau misalnya kegiatannya di jalan, paling kemacetan. Kedua antisipasi kegiatan Cap Go Meh. Itu yang paling penting, karena di situ ada barongsai, kembang api dan makan besar di jalan dan festival jajanan. Termasuk tindak kejahatan copet juga," sebutnya. (isak/A)

  • Bagikan